Danrem 061/SK Jalin Silaturahmi dengan Komsos antar Ormas dan LSM serta KBT

  • Whatsapp

Bogor – Saat ini komunikasi sosial (Komsos) dengan komponen bangsa tentunya sangat diperlukan, selain untuk menjalin silaturahmi komsos tentunya dapat dijadikan sebagai sarana memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkokoh NKRI.

Hal itu dijelaskan oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi didampingi para Kasi Rem usai memberikan sambutan pada kegiatan Komunikasi Sosial bersama Menwa (Resimen Mahasiswa), Pemuda Pancasila, BPPKB Banten, Paguyuban Maung Bodas Siliwangi, KBT FKPPI, GM FKPPI, HIPAKAD, UMKM, dan Pencinta Alam, yang digelar, di lapangan Indoor Makorem 061/SK, kota Bogor, Rabu (13/10/2021).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Komsos ini mengusung tema “Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI”, untuk mewujudkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan komponen bangsa lainnya termasuk Ormas dan LSM agar lebih harmonis serta menumbuhkan kesadaran Bela Negara serta mencegah perselisihan antar ormas yang belakangan ini kerap kali terjadi.

Melalui komsos diharapkan dapat mendukung tugas Pokok TNI AD dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Fauzi mengatakan, menyambut baik diselenggarakannya komsos ini untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, dengan harapan akan menumbuh kembangkan sikap dan perilaku kesadaran bagi seluruh peserta yang hadir untuk menjadi patriot bangsa yang bermoral Pancasila.

“Oleh karena itu, ikatan kebersamaan seperti ini perlu kita tumbuh kembangkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang memang sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai kesulitan dan permasalahan bangsa saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Fauzi juga berpesan, untuk dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan yang akan dilaksanakan ini.

“Karena sebagai generasi penerus bangsa kita harus mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila, menumbuhkan kesadaran Bela Negara serta wawasan kebangsaan guna menanamkan kembali nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa yang dahulu menjadi salah satu budaya panutan bangsa-bangsa lain di dunia,” katanya.

Fauzi juga mengajak peserta untuk senantiasa memantapkan komitmen moral dan kejuangan dalam menyatukan tekad dan langkah guna mewujudkan cita-cita perjuangan dengan bekerja keras, disiplin, ulet, jujur, patuh dan taat serta penuh pengabdian kepada bangsa dan negara.

Melalui Komsos ini, Fauzi berharap dapat tercapai pemahaman dan terwujud kerjasama yang erat antara Keluarga Besar TNI dalam hal ini Korem 061/Suryakancana dengan komponen bangsa lainnya dalam mendukung pokok-pokok kebijakan pemerintah dalam rangka melaksanakan Pembangunan Nasional.

“Jadi kita berharap apa yang kita lakukan hari ini dalam melaksanakan komunikasi sosial bisa mempererat rasa persatuan kesatuan bangsa, kemudian meningkatkan rasa toleransi kemudian wawasan kebangsaan bagaimana mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Fauzi juga menyajikan materi, Bhineka Tunggal Ika Sebagai Jati diri Bangsa yang sesungguhnya dan juga menjelaskan terkait empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 kemudian NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. “Itu adalah hal penting yang harus kita laksanakan dalam wadah kehidupan kebangsaan bangsa negara Indonesia,” tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kota Bogor, Mangahit Sinaga, menyampaikan materi membahas tentang persatuan dan kesatuan bangsa serta tentang kecintaan akan tanah air yang harus ditanamkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. *fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *