Dasar Hukum Tidak Jelas, Gugatan Melliana Susilo Untuk Membatalkan SKMHT Tidak Diterima

  • Whatsapp

Jakarta – Perseteruan antara Melliana Susilo selaku Penggugat dengan PT. Hasdi Mustika Utama (Tergugat I), Hasim Sukamto (Tergugat II), Hasan Sukamto (Tergugat III) dan Alida Nur (Tergugat IV) melalui perkara gugatan Pembatalan SKMHT di Pengadilan Negeri Jakarta Utara berakhir dengan putusan “gugatan Penggugat tidak diterima” atau niet Ontvankelijke Verklaard (NO). 

Putusan tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Tumpanuli Marbun, SH, MH yang didampingi oleh dua hakim anggota masing-masing terdiri dari Tiares Sirait, SH, MH. dan Budiarto, SH, MH dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan pada Senin (13/9).

Ketua Majelis membuka persidangan dengan mengetukan palu, dan selanjutnya kuasa Penggugat yang diwakili oleh Yonathan Christian, SH dan kuasa Para Tergugat yang diwakili oleh Teddi Adriansyah, SH, MH, Henrius Nani, SH dan Albert Frans Nova, SH. Tim kuasa hukum penggugat diminta menyampaikan pertanyaan sebelum Ketua Majelis membacakan putusan. 

Oleh karena kuasa hukum dari masing-masing pihak tidak memiliki pertanyaan, maka Ketua Majelis melanjutkan persidangan dengan membacakan putusan.

Dalam putusannya majelis hakim menerima eksepsi dari para tergugat dan dengan diterimanya eksepsi dari para tergugat, maka majelis hakim pun memutusan gugatan Penggugat tidak dapat diterima atau NO (Niet Ontvanklijke Verklaard).

Menurut kuasa hukum para tergugat Henrius Nani, SH, ada dua eksepsi para tergugat yang diterima oleh majelis hakim.

“Pertama, gugatan Penggugat dinyatakan premature. Gugatannya dinyatakan prematur oleh majelis hakim karena Penggugat menggunakan fakta hukum berupa masalah tanda tangan dan sidik jari pada SKMHT sebagai dasar gugatannya,” kata Henrius Nani yang akrab disapa Henri kepada wartawan, Kamis (23/9).

Kuasa hukum para tergugat Pembatalan SKMHT, Henrius Nani

Sementara, lanjutnya, pada saat gugatan pembatalan SKMHT diajukan, masalah tanda tangan dan sidik jari pada SKMHT sedang dalam proses upaya hukum.

“Dalam arti belum ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau inkracht van gewijsde,” jelas Henri.

Kedua, gugatan penggugat tidak jelas atau obscuur libels. Gugatan penggugat dinyatakan obscuur libels, jelas Henri, karena beberapa hal berikut: (1) Judul gugatan dan uraian pada positanya menjelaskan masalah pembatalan SKMHT.

“Dasar hukum yang digunakan oleh Penggugat adalah Pasal 1320 KUHPerdata tentang syarat sahnya perjanjian,” terangnya.
 
Sementara ketentuan yang berhubungan dengan Akta SKMHT sebagai surat kuasa diatur di dalam Pasal 1792 s/d Pasal 1819 KUHPerdata, UU Jabatan Notaris dan jika SKMHT dibuat oleh PPAT maka Akta SKMHT juga harus tunduk pada ketentuan UUPA. 

Majelis Hakim memberikan pertimbangan, jelas Henri bahwa dasar gugatannya tidak jelas, apakah gugatan itu terkait perbuatan wanprestasi atau perbuatan melawan hukum.

“Jika gugatannya termasuk perbuatan melawan hukum, dasar hukumnya apa? Kalau perbuatan wanprestasi dasar hukumnya apa?” tanya Hakim Tumpanuli Marbun, SH., MH selaku Ketua Majelis yang memimpin sidang saat itu. 

Berdasarkan hasil pantauan awak media di ruang sidang memperlihatkan bahwa Ketua Majelis sidang tidak lagi membacakan uraian pada pokok perkara karena eksepsi dari Para Tergugat diterima.

“Jika masuk dalam pokok perkara, jelas Henri, kami juga memiliki argumentasi yang kuat yang didukung dengan alat bukti yang valid,” ujar Henru.

Karena itu, tegas Henri, putusan Majelis Hakim adalah adil dan rasional untuk melindungi kepentingan hukum kliennya.

“Kami menilai, gugatan penggugat hanya mengada-ada karena Penggugat bukan pemilik atas aset yang dijaminkan di Bank CIMB Niaga, aset yang dijaminkan bukan pula harta bersama antara Penggugat dan Tergugat II serta Penggugat tidak mengalami kerugian materil terkait pengajuan kredit di Bank CIMB Niaga oleh Tergugat I,” jelas Henri.

Dengan demikian, sambungnya, wajar kalau Majelis Hakim memutuskan NO atau tidak dapat diterima atas gugatan Penggugat. “Putusan tersebut adalah adil dan rasional untuk kepentingan klien kami,” pungkasnya. bem

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *