Subdit Siber Polda Metro Ciduk Penjual dan Pembeli Sertifikat Vaksin Ilegal

  • Whatsapp

Semanggi – Penyidik Subdit 4 Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil menciduk 4 tersangka pelaku penjualan sertifikat vaksin Covid-19 ilegal, yang teregistrasi dengan aplikasi pedulilindungi.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, aksi keempat pelaku yaitu, FB, HH, AN dan BI terbongkar setelah pihaknya mendapat informasi dari masyarakat.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Pelaku yang ditangkap memanfaatkan situasi masyarakat yang ingin mendapatkan sertifikat vaksin yang dapat dipergunakan untuk melakukan perjalanan maupun kunjungan ke tempat-tempat yang mewajibkan menggunakan platform pedulilindungi,” ujar Fadil kepada wartawan, di Mapolda Metro, Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Adapun tersangka FB berperan memasarkan jasanya melalui akun facebook. Tersangka HH, yang juga staf tata usaha kelurahan Muara Karang berperan mengakses data atau membobol aplikasi pedulilindungi, tersangka AN dan BI adalah konsumen.

“Tersangka HH ini staf kelurahan. Modusnya membuat sertifikat vaksin pada sistem yang terkoneksi dengan pedulilindungi tanpa prosedur yang ditentukan,” lanjut Fadil, didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin, Dirkrimsus Polda Metro Kombes Pol Auliansyah Lubis dan Kasubdit 4 Siber Ditreskrimsus Polda Metro Kompol Rovan Richard Mahenu.

Sindikat ini membuatkan sertivikat vaksin yang sudah teresgister di aplikasi pedulilindungi, dengan cara memasukkan NIK orang lain, yang didapat HH sebagai pegawai kelurahan.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 32 UU nomor 19 tahun 2016 dengan ancaman penjara di atas lima tahun. *fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *