Lomba Kreativitas Prajurit/PNS TNI AD, Akmil Juara I KTI dan Kopassus Juara I KCT

  • Whatsapp

JAKARTA – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama secara resmi menutup Lomba Kreativitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis IImiah (KTI), Jumat (23/7/2021), di Madislitbangad, Jakarta.

“Saya harapkan predikat juara ini dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral maupun produk naskah dibuat yang terbaik, untuk mengikuti even selanjutnya pada Lomba Kreativitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknotogi (KCT) dan Karya Tulis IImiah (KTI) di tingkat TNI antar Angkatan, nanti akan berkompetisi secara kompetitif dengan para peserta dari masing-masing angkatan, dengan para juri yang kredibel, begitu juga yang juara harapan hendaknya mempersiapkan diri untuk berkompetisi di tingkat TNI dan bersaing masing-masing angkatan, gengsi ini harus kita rebut untuk menjadi juara yang terbaik secara sehat, dengan menampilkan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Karya Cipta Teknologi (KCT) yang terbaik, karena menyangkut harga diri Angkatan Darat, jangan merasa puas atas hasil yang dicapai pada hari ini, persiapkan semaksimal mungkin. Perhatikan penekanan dan masukan yang konstruktif untuk perbaikan guna mempersiapkan pada even yang lebih tinggi di tingkat TNI,” ujar Terry, dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Terry berharap, semoga hasil akhir yang didapatkan merupakan produk yang berkualitas, sehingga bermanfaat bagi TNI pada umumnya dan TNI AD pada khususnya di masa mendatang.

“Saya menyadari bahwa untuk menilai suatu karya tidaklah mudah walaupun sudah ada aturan sebagai pegangan bagi para juri, tentunya dalam melaksanakan penilaian ditemui hal-hal yang berkembang di lapangan, hal ini hendaknya dapat diakomodasi dan dikonfirmasikan untuk dijadikan sebagai saran dan masukan untuk perbaikan kegiatan penjurian di masa yang akan datang,” tegasnya.

Menurut Terry, hasil yang sudah diraih merupakan prestasi yang harus dipertahankan pada even berikutnya. “Khususnya dalam waktu dekat ini yang akan mewakili TNI AD dalam lomba kreativitas Prajurit/PNS di tingkat TNI. Selamat berjuang dan tetap semangat. Kepada panitia saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana,” tandasnya.

Saat yang sama Kasubdisiptek Kolonel Inf Abdul Hamid selaku Kalakgiat dalam laporannya menyampaikan, juara I KTI diraih Sermadatar Muhammad Irfan dari Akmil dengan judul “Analisis Kinerja Panser APC-3 6×6 dan Panser Tarantula Dalam Mendukung Tugas Pokok Kompi Kavaleri”. Juara 2 Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, Aster Kodam XVIII/Kasuari, dengan judul : “Strategi Penempatan Satuan BKO di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari Dihadapkan pada Situasi dan Kondisi Provinsi Papua Barat”. Juara 3 Letda Caj Darmoko dari Akmil dengan judul “Analisis Cara Kerja Sistem Hidrolik Pompa Boggie Untuk Sikap Angkut dan Sikap Tempur Guna Mobilisasi Meriam 57 MM-S60”.

Juara Harapan I Letkol Arh Kusnadi, dari Kodiklatad dengan Judul : “Pemanfaatan Aplikasi I Target Sebagai Substitusi Sistem dan Metode Latihan Bidik Kering pada Pistol 9 mm Secara Realtime”. Juara Harapan 2 Letkol Cpn R. Nuswantoro dari Puspenerbad dengan Judul : “Kajian Penembakan Menggunakan Laser dan Sasaran Tembak Bergerak Sebagai Sarana Latihan Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Penerbang Helikopter Fennec AS 550 C3E TNI AD”. Juara Harapan 3 Mayor Ckm Yogi Ertanto dari Puskesad dengan Judul : “Konsepsi Aplikasi Teknologi Genomik Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Prajurit TNI Demi Terwujudnya TNI Yang Profesional Dan Modern”.

Sementara juara I Lomba Kreativitas Prajurit/PNS TNI AD TA 2021 dalam wujud Karya Cipta Teknologi (KCT), diraih Kapten Cpl Ade Kusnadi dari Kopassus, dengan judul “Pembuatan Prototipe Senjata DMR Commando Rifle-2”. Juara 2 diraih Nur Rachman Supadmana Muda, Dkk 2 orang dari Poltekad, dengan judul “Prototipe Robot Tempur Dilengkapi Senjata SS2, Peluncur Roket, Deteksi Ranjau dan Kamera Termal Untuk Mendukung Tugas OMP Dan OMSP”. Juara 3 Mayor Inf Adi Novianto, Dkk 4 orang dari Poltekad, dengan judul, “Rancang Bangun Alat Bantu Pelepas Dan Pemasang Roda Kendaraan Tempur Panser Anoa 6×6”.

Selanjutnya Juara Harapan 1 Sertu Herlan Yaboisembut, Dkk 4 orang dari Poltekad, dengan judul, “RB Poltekad Elektronic Detector COVID-19 (Polector C-19) Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan Menggunakan Kecerdasan Buatan Untuk Mendukung Personel TNI Yang Melaksanakan Tugas Operasi”. Juara Harapan 2 Letkol Arh Dekki Widiatmoko, Dkk 4 orang dari Poltekad, dengan judul “Rancang Bangun Sistem Kendali Cerdas Pembidikan Sasaran Semi Otomatis Berbasis Optik”. Dan Juara Harapan 3 Letkol Arh Tuharno, Dkk 3 orang dari Poltekad, dengan judul “Rancang Bangun Rompi Anti Peluru Level IIIA Berbasis Komposit Serat Abaka, HGM, EPOXY dan Serat Karbon”.

Turut hadir dalam acara penutupan tersebut, Alie Humaedi, Jimmy Maulana, Kolonel Cpm Reza Muhammad (Seskoad), Kolonel Cpl Lilik Hendro (Puspalad), Paban III/Liitbangasro Srenaad, pejabat Distribusi A Dislitbangad, Ketua dewan juri lomba kreativitas prajurit dan PNS TNI AD TA 2021, dan Dewan juri baik KTI maupun KCT. fery

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *