Bahas Kemajuan Teknologi, Kapusjianstra TNI Buka Grup Diskusi

  • Whatsapp

JAKARTA – Kapusjianstra TNI Brigjen TNI Jhonny Djamaris, membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh 40 orang peserta, bertempat di Auditorium Pusjianstra TNI Jl. Kebon Sirih No 42, Jakpus, Rabu (23/6/2021).
 
Dalam FGD tersebut, Jhonny mengatakan bahwa luasnya wilayah Indonesia belum diimbangi dengan sistem pendukung Alutsista yang modern. “Sejalan dengan itu, laju perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat berbasis Satelit merupakan sebuah keniscayaan yang harus diterapkan dalam rangka melaksanakan Tugas Pokok TNI,” ucapnya.
 
Menurut Jhonny, melaksanakan Tugas Pokok bagi TNI adalah tugas mulia yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya, dengan segala keterbatasan saat ini. “TNI harus mampu mengantisipasi berbagai ancaman multidimensional, salah satunya melalui peningkatan kemampuan kendali dan operasi dalam pelaksanaan operasi militer atau latihan gabungan TNI yang bersifat Tri Matra terpadu menjadi suatu hal yang mutlak,” ujarnya.
 
Permasalahan yang diangkat dalam kegiatan FGD ini, lanjut Jhonny, adalah bagaimana kedepan penerapan teknologi 4.0 dapat diaplikasikan sebagai pendukung Alutsista TNI dalam rangka pelaksanaan tugas pokok TNI.
 
Ia menjabarkan pokok-pokok persoalan FGD kali ini adalah belum optimalnya penggunaan big data pada pusat komando serta kendali dalam operasi dan latihan TNI. Kemudian belum optimalnya penggunaan sistem komunikasi yang terintegritas dengan basis satelit.
 
Dalam kesempatan tersebut, Jhonny berharap, FGD tersebut dapat menjawab pokok-pokok persoalan yang ada, sehingga dapat bermanfaat untuk menghasilkan strategi-strategi bagi TNI dalam rangka pelaksanaan tugas pokok. “Besar harapan saya agar FGD ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan,” tegasnya.
 
Sebagai narasumber acara FGD ini diantaranya Askomlek Panglima TNI Laksda TNI Atok Dushanto, Pabandya II Orstra Sops TNI Letkol Inf A Y David Alam dan Chief Engineer Operasi Satelit LAPAN Mohammad Mukhayadi serta dipandu oleh moderator Letkol Sus Amelia Farissa Devi. fery

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *