Kakorlantas Pimpin OKJ 6-17 Mei, Ini Yang Boleh Mudik

Semanggi — Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2021, di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Mapolda Metro, Jakarta, Rabu (5/5/2021) pagi.

Istiono mengatakan, operasi ini diperkuat oleh 155 ribu personel gabungan, yang terdiri 90.502 anggota polisi, 11.533 anggota TNI, serta 52.000 personel Pamong Praja, Pramuka dan Jasa Raharja.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Ada 155 ribu personel kita kerahkan, juga ada 52.000 personel sisanya dari instansi pemerintah baik itu Pamong Praja, Pramuka, dan Jasa Raharja,” ujar Istiono kepada wartawan, didampingi Wakapolda Metro Brigjen Pol Hendro Pandowo dan Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, di Mapolda Metro, Jakarta Selatan.

Ditegaskan Istiono, Operasi Ketupat Jaya yang digelar di masa pandemi Covid-19 ini merupakan operasi kemanusiaan yang mengedepankan tindakan persuasif dan humanis.

Namun, lanjut Istiono, pada operasi ini petugas kepolisian juga akan melakukan pengecekan swab antigen dan membagikan masker kepada pengendara yang ditandai dengan stiker dari Kemenhub.

Istiono mengungkapkan, Operasi Ketupat Jaya dimulai sejak 6-17 Mei 2021. Operasi tersebut digelar guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta larangan kepada warga masyarakat untuk melakukan mudik lebaran.

“Mulai tanggal 6-17 Mei itu dilarang mudik. Tentang pengecualiaan pada tanggal itu tetap boleh melakukan perjalanan. Ada penandaan di angkutan umum, tetap kita lakukan pengecekan, swab antigen, nanti itu dilakukan di pos-pos,” katanya.

Kendati ada pengecualian larangan mudik, Istiono mengimbau bila tak ada kepentingan penting, sebaiknya masyarakat tak mudik. “Misalnya ada kepentingan khusus orang tuanya sakit, itu keterangan dari desa benar atau tidak. Kemudian, dia bawa surat swab gak? kalau belum, ya nanti kita swab di pos-pos. Karena ini operasi kemanusiaan tentu kita pertimbangkan,” pungkasnya. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *