Pangdam Jaya Pam Waskita KTT ASEAN, 35 SSK TNI dan 28 SSK Polisi Berkolaborasi

Jakarta – Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, siang ini melaksanakan Pamwaskita, dalam rangka Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN Leaders, bertempat di Gedung Sekretariat ASEAN Jln. Sisingamanggaraja No 73 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Sabtu (24/4/2021).

Kehadiran Presiden RI Ir Joko Wiidodo bersama rombongan diantaranya dari negara Myanmar, Thailand, Laos (Special Envoy), PM Malaysia, PM Singapur, PM Vietnam, Kamboja dan Brunai Darusalam langsung menuju kantor Sekretariat KTT ASEAN Jln. Sisingamanggaraja No 73, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dalam pelaksanaan Pamwaskita tersebut, Pangdam Jaya di dampingi Danrem 051/Wkt Brigjen TNI R Sidharta Wisnu Graha, Asintel Kasdam Jaya Kolonel Inf Putra Widiyawinaya, Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dody Tri Winarto dan Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra.

“Pengamanan pejabat negara setingkat Presiden dan tamu negara se Asean dalam pelaksanaan KTT ASEAN saat ini, merupakan hajat besar bagi Negara Kesatuan RI, serta merupakan kepercyaan terhadap bangsa Indonesia sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan KTT ASEAN tersebut, sehingga pelaksanaan pengamanannya ekstra ketat, dengan mengacu kepada protap yang tercantum dalam protokoler kenegaraan,” ujar Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra.

Ia menjelaskan, sebanyak 35 Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI diterjunkan untuk mengamankan kedatangan dan kepulangan Kepala Negara dan delegasi peserta KTT Asean.

“35 SKK TNI terdiri 22 SSK dari Kodam Jaya, 5 SSK dari Kostrad, 6 SSK dari Marinir dan 2 SSK dari Paskhas dan pengaturan ini dilakukan oleh Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dody TW yang dibagi kedalam 4 pengamanan lokasi yaitu pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta, pengamanan akomodasi penginapan, pengamanan rute dan pengamanan di obyek Gedung Sekretariat Asean tempat dilaksanakannya KTT Asean,” ungkapnya.

Selain 35 SSK dari TNI, lanjut Herwin, Polda Metro Jaya juga menerjunkan 28 SSK untuk berkolaborasi dalam bidang keamanan bagi para Delegasi dan Kepala Negara Asean terutama Rute yang dilalui mulai dari Bandara Soekarno-Hatta kelokasi tempat menginap dan tempat KTT Asean dilaksanakan.

Sementara itu, tambah Herwin, 8 SSK TNI dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan tempat menginap para Kepala Negara dan Delegasi Negara Asean yaitu Hotel Fairmont, Grand Hyatt, Hotel Indonesia Kempinski, Shangri-La, Raffles, Hotel Mulia, Mandarin Oriental, dan Ritz Carlton.

“Kemudian untuk 27 SSK lainnya dari TNI dibagi menjadi tiga lokasi yaitu pengamanan Bandara Soekarno-Hatta, pengamanan rute dan pengamanan obyek dilaksanakannya KTT Asean sesuai dengan arahan dari Asops Kasdam Jaya, Asintel Kasdam Jaya, Dirops Polda Metro Jaya dan Dir Intelkam Polda Metro Jaya,” kata Herwin.

Kapendam Jaya juga menyampaikan bahwa hampir seluruh Delegasi dan Kepala Negara peserta KTT Asean sampai dengan pukul 19.07 WIB hari Sabtu 24/4/2021 malam ini sudah meninggalkan Indonesia, yaitu : Sultan Brunei Darusalam Sultan Hasanal Bolkiah, Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Ketua Dewan Adm Myanmar Senior General Min Aung Hlaing, Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai, PM Kamboja Hun Sen, PM Malaysia Tan Sri Muhyidin Haji Mohd Yasin, PM Vietnam Pham Minh Chinh.

“Hanya tinggal delegasi dari Philipina yang masih berada di Indonesia dan rencananya akan kembali pada hari Senin (26/4),” kata Herwin.

“Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya beserta jajarannya selalu bersinergi dengan baik dalam hal pengamanan kegiatan tersebut, hal ini terbukti dalam pelaksanaan Pengamanan Pasukan TNI dan Polri yang disiap siagakan menjaga keamanan para Kepala Negara dan Delegasi Negara Asean beserta rombongan dapat dilaksanakan dengan baik dan KTT Asean dapat berjalan lancar dan aman sesuai yang diharapkan,” pungkasnya. fery

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *