Polda Metro Siapkan Pengamanan Kelancaran KTT ASEAN

Jakarta – Polda Metro Jaya sudah mempersiapkan sejumlah personel dalam giat pengamanan KTT ASEAN, yang akan digelar esok, Sabtu (24/5).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama rombongan juga melakukan peninjauan langsung di pos pengamanan yang berlokasi di Gedung VVIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan di Gedung Sekretariat ASEAN.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Pengamanan pertemuan tingkat pimpinan ASEAN yang akan dilaksanakan besok ada 4.382 personel Polri yang dilibatkan untuk melakukan pengamanan,” kata Fadil kepada wartawan, di Gedung Sekretariat ASEAN, Jumat (23/4/2021).

Fadil mengatakan pengamanan itu dilakukan di 51 titik. Mencakup pengamanan rute, pengamanan akomodasi, hotel dan pengamanan terminal untuk kedatangan.

Fadil menyebut fokus pengamanan yang dilakukan oleh Polda Metro berada di area ring tiga. Sementara untuk ring satu dan ring dua menjadi kewenangan dari Operasi Waskita.

“Karena yang hadir adalah kepala negara, di mana penanggung jawabnya adalah Kodam Jaya atau Pangdam Jaya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Fadil menuturkan pihaknya telah melakukan pengecekan kesiapan keamanan secara menyeluruh untuk memastikan pelaksanaan KTT ASEAN besok berjalan lancar.

“Rangkaian kesiapan seperti gladi posko, kemudian gelar pasukan sudah dilaksanakan, kemudian pengecekan peralatan dan kelengkapan juga sudah kita lakukan mulai dari kemarin,” tuturnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan 300 personel dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. Rinciannya, 150 personel pengawalan dan 150 personel pengamanan rute.

Selain personel, Ditlantas Polda Metro juga menyiapkan puluhan kendaraan untuk mengawal para tamu negara selama berada di Jakarta. Yakni, ada 32 mobil pengawalan dan 60 motor pengawalan.

Kegiatan KTT Asean akan dihadiri oleh beberapa delegasi negara sahabat, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Philipina, Singapura dan Vietnam, yang hari ini mulai berdatangan di tempat akomodasi yang telah disiapkan.

Sementara untuk komposisi pasukan personel Kodim 0501/Jakarta Pusat BS diperkuat personel dari satuan Marinir, Yonkav 7/ Serbu, Yon Arhanudse 6, Yonzipur 11, Yonkav 9, Pomdam Jaya, Deninteldam Jaya yang tersebar di area akomodasi. fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *