Ketua Garda NTT: Luka NTT Berdarah Indonesia

Jakarta, topikonline – Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda cuaca ekstrem, banjir, longsor, angin kencang hingga gelombang tinggi dalam lima hari ini.

Sejak 30 Maret hingga 4 April 2021, cuaca di beberapa kecamatan dan kabupaten NTT memang tak sedang bersahabat. Bantuan Logistik dan perbaikan segera sarana dan prasarana di titik-titik wilayah akibat bencana banjir tersebut sangat dibutuhkan segera mungkin oleh para korban banjir.  Oleh sebab itu, pemerintah pusat dan semua pihak harus segera mungkin membantu dan menangani masalah bencana alam yang sudah banyak memakan korban.

Melihat kejadian diatas Garda NTT bersama Barisan Relawan Bhinneka Jaya (Bara Baja) dan Laskar Nusantara memberikan sumbangan barang dan donasi uang untuk disumbangkan kepada korban bencana alam di NTT.

SekJen Garda NTT Marlin Bato mengatakan, ada tiga titik yang akan kita fokuskan untuk penyaluran dan penampungan daerah terdampak.
“Rencananya kita akan fokus pada 3 titik untuk pusat penyimpanan bantuan dan penampungan korban di Kupang, Sumba dan Flores, sehingga bantuan dapat tersalurkan”, ujar Marlin pada saat Jumpa Pers Sekretariat dan Posko Garda NTT, Saint Mary, di bilangan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (08/04/2021).

“Masifnya kerusakan juga berakibat pada sarana transportasi yang dapat digunakan ke lokasi saat ini hanya tiga pesawat yaitu Garuda, Lion Air dan Hercules dengan bebas biaya pengiriman barang sampai 1 ton/hari,” sambung Marlin.

Ditempat yang sama SekJen Bara Baja Efendi Ahmad mengatakan, pihaknya terkendala dalam hal komunikasi sesaat setelah menerima kabar bencana ini. “Beberapa jam setelah bencana kami sempat di informasikan oleh teman- teman di kupang dan flores tapi setelah itu kami tidak mendengar lagi untuk kabar beritanya karena saluran komunikasi karena listrik mati,  jaringan internet terputus dan akses jalan menuju ke sana terputus”, ujar Efendi.

Ormas Barabaja menyerahkan bantuan bencana alam di NTT berupa 400 baju kaos, 15 Dus air mineral ukuran besar, 2500 lembar masker anak, 5000 lembar masker dewasa, 2 dus sabun mandi, 30 box obat antagin, 20 pax lilin, 5 box salem 88 dan 2 box vitamin.

Sementara itu Ketua Umum Ormas Laskar Nusantara Carry Greant mengatakan, sangat mengapresiasi komunitas Garda NTT yang memberikan respon cepat untuk menggalang donasi dari berbagai pihak.
“Kami mengapresiasi Garda NTT yang mau mengumpulkan donasi ini dan semoga donasi ini bisa segera disalurkan tepat sasaran supaya bisa mengringankan beban teman-teman kita di NTT yang sedang mengalami musibah bencana alam,” ujar Carry.

Laskar Nusantara menyerahkan donasi bantuan berupa cek senilai Rp 5.000.000 dan 2 dua bantuan kepada Garda NTT.

Ketua Garda NTT Yons Ebit mengatakan, sangat bangga akan respon kemanusiaan dari semua unsur elemen masyarakat.
“Kami disini sangat berterima kasih sekali kepada Bara Baja , Laskar Nusantara dan semua masyarakat di Indonesia yang sudah tergerak hatinya untuk membantu teman-teman kami yang mengalami bencana alam di NTT, karena luka pada NTT berdarah pada Indonesia,” pungkas Yons. [Adang]

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *