Pangdam Jaya Resmi Luncurkan Program Jayakarta Benteng Pancasila di 83 Kampung Pancasila Jaya

Cililitan – Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, secara resmi meluncurkan Program Jayakarta Benteng Pancasila, di Aula Sudirman, Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).

Program Jayakarta Benteng Pancasila merupakan gerakan untuk membangun makna Pancasila di tengah masyarakat melalui berbagai kegiatan diantaranya seperti Kampung Pancasila Jaya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Kegiatan tersebut diikuti juga secara virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya yang terdapat di wilayah Jakarta Raya termasuk Tangerang, Depok, kota Bekasi dan kabupaten Bekasi.

Mengacu kepada jumlah Koramil jajaran Kodam Jaya, seluruhnya terdiri dari 83 Koramil, dalam satu Koramil terdiri dari satu Kampung Pancasila, sehingga jumlah kampung Pancasila yang berada di wilayah teritorial Kodam Jaya seluruhnya terdapat 83 Kampung Pancasila Jaya.

Dalam amanatnya Pangdam Jaya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara dalam wadah program Jayakarta Benteng Pancasila. Membangun kembali semangat Pancasila di kalangan masyarakat, membuat program _Online,_ _offline_ dan kombinasi untuk membangun semangat Pancasila.

“Disamping itu juga untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Pancasila yang tidak diketahui sebelumnya ataupun dilupakan, mengajak masyarakat untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Ideologi Negara Pancasila dan memperkuat kembali hubungan sesama masyarakat dengan menggunakan Pancasila sebagai pondasinya,” ujarnya.

Menurut Dudung, Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Kali ini Program Jayakarta Benteng Pancasila diimplementasikan dengan dibentuknya Kampung Pancasila Jaya yang merupakan gerakan sosialisasi, edukasi serta pelayanan untuk masyarakat di kampung-kampung pemukiman dalam rangka memelihara nilai-nilai Pancasila pada aspek kehidupan masyarakat,” katanya.

Peresmian Jayakarta Benteng Pancasila, selain diikuti secara virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya, juga dihadiri langsung oleh undangan dari kalangan Pemerintah Daerah, TNI/Polri, Kepala BPIP Prof. K.H. Yudian Wahyudi dan para Tokoh Agama. fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *