Kakorlantas Polri Tinjau Penanganan Banjir yang Lumpuhkan Exit Tol Bitung

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono memberikan keterangan kepada awak media usai meninjau penanganan banjir yang melumpuhkan exit Tol Bitung.

Bitung – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono melakukan peninjauan langsung penanganan banjir yang merendam pintu keluar tol/exit tol Bitung, Senin, (22/2).

Akibat tingginya debit air banjir yang menggenangi, exit Tol Bitung sementara waktu jugabditutup. Mobilisasi arus kendaraan yang masuk dan keluar Bitung sementara dialihkan ke Tol Cikupa agar tidak terjadi stuck.

Kakorlantas sendiri setibanya di lokasi langsung naik mobil derek agar bisa lebih dekat meninjau ketinggian banjir yang melumpuhkan exit Tol Bitung.

“Saya sengaja meninjau lebih dekat exit Tol Bitung yang sudah dua hari ini tergenang air. Biasanya kan kalau di tol genangan air banjir ini cepat surut. Ternyata di sini ada kendala   dan harus dikelola lebih maksimal,” terang Irjen Pol Istiono di lokasi.

Lebih lanjut Istiono juga mengapresiasi sinergitas Jasa Marga dengan Polri dalam pengelolaan sirkulasi arus lalu lintas di pintu keluar tol Bitung.

Meski pintu keluar tol Bitung ditutup dan arus dialihkan ke pintu keluar tol Cikupa, mobilisasi arus kendaraan tetap terkendali.

Meski pun, diakui Istiono, tetap ada dampak munculnya antrean kendaraan karena jalur kendaraan ke arah Bitung ditutup dan dialihkan ke Cikupa.

Dikatakannya juga, berdasarkan perhitungan BMKG dalam beberapa hari ke depan dan dimulai dari besok, Rabu, 24 Februari, curah hujan akan cukup tinggi.

“Tentunya jadi kewaspadaan kita karena kemungkinan muncul genangan air di titik-titik lain jalan tol bisa terjadi dan pasti berdampak pada mobilisasi arus kendaraan,” ujar jenderal bintang dua jebolan Batalyon Rekonfu Akpol 1987.

Apalagi Istiono juga memprediksi banjir di area pintu keluar Tol Bitung baru sepenuhnya teratasi dalam dua hari ke depan. Itu juga dengan catatan curah hujan tidak tinggi.

“Kita terus berupaya maksimal mengurangi debit banjir yang menggenangi jalur keluar Tol Bitung dengan penyedotan. Tapi kalau malam hujan lagi ya agak susah,” Istiono berujar.

“Kita prediksi dua hari teratasi jika tidak hujan. Kalau pun turun curahnya ringan. Tapi jika curah hujannya tinggi ya penanganan dan pengelolaan juga jadi lebih lama, tentunya,” sambungnya.

Turut serta mendampingi  Kakorlantas Istiono dalam peninjauan ketika itu, Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Kushariyanto, Kabagops Korlantas Polri  Kombes Pol Rudi Antariksawan, Ka Denwal PJR Korlantas Polri Kombes Pol Juni, Ka Induk PJR Bitung Kompol Adri serta dari Ditjen Bina Marga dan Jasa Marga. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *