Ditlantas Polda Metro Targetkan Pasang 100 Kamera E-TLE

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Semanggi – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) sebanyak 100 unit di seluruh DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, kepada wartawan, di Mapolda Metro, Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Untuk memenuhi program penindakan tilang elektronik tahun 2021, karena tilang di lapangan akan dihilangkan secara bertahap,” ujarnya.

Tahap pertama Ditlantas Polda Metro Jaya telah memasang 13 kamera dan tahap kedua 40 kamera E-TLE. Jumlah itu nantinya akan bertambah seiring pengajuan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menambah 50 kamera.

“Jumlah itu juga akan ditambah dengan pemasangan kamera di jalur busway untuk memantau pelanggaran kendaraan pribadi yang menerobos jalur tersebut,” kata Sambodo.

Sampai saat ini, kata dia, data pelanggaran di titik kamera E-TLE hampir setiap hari terjadi. Jumlahnya rata-rata 600-800 pelanggaran per hari.

Untuk itu, pihaknya juga meminta pengelola jalan tol juga memasang kamera, dan disitu, kamera yang dipasang jenis pemantau kecepatan kendaraan.

“Ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol. Sementara, di era pandemi ini E-TLE sangat efektif dalam mengurangi interaksi petugas dengan masyarakat,” jelasnya.

Dari sisi transparansi, penindakan tilang elektronik akan menghilangkan potensi negosiasi antara petugas dan masyarakat. Tentu ini, kata Sambodo, akan meningkatkan akuntabilitas Polri.

“Di setiap titik kamera E-TLE, selama ini tercatat 6 pelanggaran seperti, menggunakan ponsel, pengemudi tanpa seatbelt maupun pelanggaran lampu lalu lintas,” pungkasnya. fer

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *