Mendagri Tito Beri Nasihat ke Calon Tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit

Mendagri Tito Karnavian.

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal (Purn) Tito Karnavian memberikan beberapa nasihat kepada calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam kapasitasnya sebagai mantan Kapolri.

Tito menyatakan, yang pertama, bagaimana untuk membuat soliditas internal.

“Hal ini karena Pak Sigit sama dengan saya, banyak senior di atas, tapi kiat-kiat seperti itu saya kira cukup Pak Sigit dan saya yang tahu,” kata Tito kepada para awak media, Senin (18/1).

Kedua, lanjut Tito, bagaimana memperkuat soft approach dengan jajaran binmas.

“Kemudian di samping kinerja lain dalam penegakan hukum yang tegas. Itu juga soft approach yang lain, dengan kegiatan binmas terutama,” ujar alumni Akpol 1987 itu.

Yang ketiga, tutur Tito, dirinya menyampaikan permohonan dukungan kepada Listyo Sigit, karena ini salah satu tugas dari Kemendagri, ujung tombak pemerintah dalam Pilkada.

“Sudah kita lalui Tapi masih ada ekornya, yaitu sengketa di MK. Ini juga jangan sampai terjadi konflik. Ini memerlukan kerja sama Kemendagri dan didukung oleh stakeholder semuanya termasuk Polri,” jelasnya.

Kemudian, Tito mengaku, dirinya dan Listyo Sigit telah membicarakan situasi di Sulawesi Tengah, situasi di Papua, bagaimana kerjasama Polri dengan Kemendagri.

“Di samping itu kita juga bicara kerja sama Polri dengan Kemendagri. Dalam rangka saling mendukung untuk membantu Bapak Presiden mengatasi masalah vaksinasi, pandemi, kemudian bagaimana agar bansos cepat dan tepat sasaran. Yang dikerjakan oleh Menteri Sosial dan beberapa menteri lainnya. Selain itu juga economy recovery,” ungkap mantan Kepala BNPT itu.

Tito Karnavian mengungkapkan, hal tersebut sengaja dibicarakan dirinya dengan Listyo Sigit lantaran salah satu pesan Presiden Jokowi adalah untuk membuka iklim investasi yang baik, kondusif, baik untuk dalam negeri, swasta, maupun dari luar negeri.

“Iklim ini perlu didukung oleh semua pihak, termasuk Kemendagri khususnya jajaran pemerintah daerah dan itu saya meminta pada Pak Kapolri, Pak Sigit. Nanti saya sampaikan ke Pak Kapolri langsung saja. Insya Allah tak ada halangan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Tito mengingatkan calon Kapolri Listyo Sigit untuk nantinya memberantas semua pungutan liar (pungli) agar iklim kondusif dapat terus terbangun.

“Untuk sama-sama membangun iklim itu, maka jangan sampai ada pungli yang bisa menghambat investasi,” imbau mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Sebelumnya, Tito mengatakan, pukul 8.00 WIB, Komjen Pol Listyo Sigit bersama istri berkunjung ke kediamannya guna bersilaturahmi sekaligus meminta masukan dan restu.

Tito sendiri mengaku, dirinya sangat menghargai apa yang dilakukan Listyo Sigit tersebut sebagai wujud penghormatan bagi para senior.

“Tadi juga Pak Sigit ke kediaman, tadi pagi jam 8 lewat dikit, dengan Ibu Sigit. Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke kediaman para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu. itu memang tradisi kita dalam menghormati senior, saya juga sering begitu dulu. Sama tadi pagi juga, prinsipnya Pak Sigit ingin meminta masukan-masukan dan saya juga meminta masukan-masukan,” papar Tito Karnavian menandaskan. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *