Etos Indonesian Institute: Peluang Kapolri, Chemistry Komjen Pol Listyo Sigit ke Presiden Paling Dekat

  • Whatsapp
Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Jakarta – Menjelang akhir masa jabatan Jenderal Pol Idham Azis sebagai kapolri, nama para calon penggantinya kian mengerucut dan kencang berembus.

Dari sekian nama yang kencang berembus itu, nama Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo adalah salah satunya.

Direktur Eksekutif Etos Indonesian Institute, Iskandarsyah dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (31/12) mengatakan, dari sekian nama jenderal bintang tiga yang kencang beredar sebagai kandidat terkuat kapolri, cuma Listyo Sigit yang dinilai punya chemistry paling dekat dan lekat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jabatan Kapolri adalah hak prerogatif presiden. Presiden merasa nyaman dengan siapa? Chemistry-nya cocok dengan siapa?” ujar pria yang karib disapa Bang Is.

“Kalau melihat dari sisi itu,  Komjen Pol Listyo Sigit jelas jadi pemenangnya. Dia lama mengawal presiden, sejak Jokowi masih wali kota, gubernur, dan puncaknya saat jadi presiden sebagai ajudannya Presiden Jokowi,” terusnya.

Dikatakan Bang Is lagi, selain soal chemistry Komjen Pol Listyo Sigit juga punya jejak rekam yang bagus sebagai anggota Polri.

Hal lainnya yang juga jadi kelebihan Listyo Sigit adalah kedekatan emosionalnya yang terbangun baik dengan para ulama Banten saat dia menjabat kapolda di sana.

“Terlepas dari soal pilihan senior junior Akpol, figur Listyo Sigit tak dipungkiri adalah unggulan utama yang sangat mungkin dipilih Presiden Jokowi sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Dan saya sendiri termasuk yang meyakini hal itu terjadi,” paparnya.

“Toh, juga sudah ada contoh junior senior Akpol tak berlaku untuk jabatan kapolri di masa Jokowi. Jenderal Tito Karnavian adalah contohnya,” sambungnya menandaskan. bem

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *