Kasus Bayar Upah Di Bawah UMP, Sudin Nakertrans Jaksel dan Bintaro Bakery Diduga Kongkalikong

Bintaro Bakery.

Jakarta – Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Selatan diduga kuat kongkalikong dengan pengusaha Bintaro Bakery terkait penyelesaian kasus pembayaran upah karyawan yang di bawah upah minimun provinsi (UMP).

Sebagaimana diketahui, unit usaha yang bergerak dalam penjualan roti/kue di Jalan RC Veteran No 6, Bintaro itu hanya membayar upah karyawan sebesar Rp1,5 juta per bulan, jauh di bawah UMP DKI Jakarta.

Saat persoalan ini muncul ke permukaan dan di-blow up sejumlah media, pihak Sudin Nakertrans Jakarta Selatan memilih tak banyak berkata-kata saat dikonfirmasi.

“Oh ya. Saya belum dapat kabar dari petugasnya. Nanti saya monitor ke petugasnya ya pak,” ujar Dwi, salah satu kepala seksi di Sudin Nakertrans Jakarta Selatan melalui pesan Whatsapp, beberapa waktu lalu.

Berselang beberapa hari kemudian, ketika dikonfirmasi ulang Dwi menjawab pihaknya sudah memanggil pemilik Bintaro Bakery untuk dimintai keterangan.

“Sudah kita panggil untuk dimintai klarifikasi,” ujarnya singkat, juga via Whatsapp.

Namun sejak itu Dwi M mulai sulit untuk dihubungi. Meski semua pesan Whatsapp yang dikirimkan masuk, tak ada satu pun yang dijawab.

Sikap serupa juga ditunjukkan Kepala Suku Dinas Nakertrans Jakarta Selatan, Sudrajat. Saat dikonfirmasi pertama lewat Whatsapp, dengan lugasnya dia menjawab, “Terimakasih infonya. Akan segera di TL.”

Tapi saat dikonfirmasi ulang kelanjutannya beberapa hari kemudian, pesan Whatsapp yang dikirim cuma “terparkir” masuk tanpa ada balasan.

Menelisik lebih dalam kasus ini, Bintaro Bakery diduga kuat sudah melanggar aturan UU Ketenakerjaan, Pasal 185 ayat (1) yang menyatakan bahwa pengusaha yang melanggar ketentuan upah minimum adalah merupakan tindak pidana dan pengusaha juga diancam denda.

Lainnya lagi, Bintaro Bakery juga melanggar UU No 13/2003 tentang aketenakerjaan yakni Pasal 89-90 yang menegaskan bahwa perusahaan dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum. bem

 

 

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *