Aster Panglima TNI Pimpin Baksos dan Berikan Materi Aksi Bela Negara kepada Ormas Kabupaten Cirebon

Cirebon – Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni membuka dan memberikan materi wawasan kebangsaan pada kegiatan Aksi Bela Negara, sekaligus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, yang digelar di Markas Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Kamis (22/10/2020).

Kegiatan ini merupakan komitmen Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menciptakan keamanan dalam negeri dari rongrongan potensi ancaman yang bisa mengganggu stabilitas nasional.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, materi persatuan dan kesatuan antar komponen bangsa merupakan syarat mutlak agar bangsa dan negara ini mampu melewati tantangan.

“Aksi ini merupakan aksi bersama antara TNI dengan komponen rakyat. Kita harus bahu-membahu menciptakan keamanan dalam negeri agar stabilitas terjamin. Ini sangat penting apalagi di tengah pandemi Covid-19,” ujar Madsuni.

Aksi Bela Negara, lanjut Madsuni, merupakan bagian metode Bina Teritorial (Binter) yang memiliki tujuan memelihara komunikasi dan silahturahmi TNI dengan komponen bangsa lainnya.

Sinergitas dalam mewujudkan ketahanan wilayah sangat diperlukan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Aksi ini juga merupakan pandangan pimpinan TNI dalam membantu pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa khususnya yang berkaitan dengan pertahanan negara,” tuturnya.

Wawasan kebangsaan ini berlangsung selama satu hari di Makodim setempat. Diisi pembekalan tentang materi wawasan kebangsaan, bela negara serta materi seputar kesehatan terkait pandemi Covid-19.

Saat yang sama, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku bangga dengan adanya aksi bela negara. Menurutnya, persatuan antar komponen bangsa sangat diperlukan, apalagi ketika menghadapi musuh yang tidak tampak, yakni virus corona.

“Tidak ada modal utama yang harus dikedepankan kecuali persatuan dan kesatuan. Kita harus puna kesadaran, bersikap pro aktif dan berpartisipasi dalam penanganan wabah Corona sudah merupakan perwujudan aksi bela negara,” tambahnya.

Imron juga meminta seluruh masyarakat Cirebon agar bersinergi dengan pemerintah untuk sama-sama mengatasi wabah Corona.

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi, Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf. Elkines Villando dan tuan rumah Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol Inf. Sugir.

Tampak pula unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pengurus ormas, LSM dan organisasi kemasyarakatan lainnya seperti KNPI, FKKPI, Pemuda Pancasila, LSM Kompak. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *