Tim Gabungan Korem Merauke Latihan Penanggulangan Bencana dan Karhutla

Merauke – Korem 174/Merauke beserta jajarannya menggelar latihan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Gulben Karhutla), sebagai antisipasi dalam menghadapi bahaya kebakaran hutan dan lahan dimusim kemarau di wilayah Kabupaten Merauke, dipimpin oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko sebagai Komandan Latihan.

“Sesuai perintah tugas latihan dari komando atas, yakni Kodam XVII/Cenderawasih dimana Korem 174 memberikan perbantuan kepada Pemerintah Daerah dengan menggelar Latihan Gulben Karhutla,” ucap Kasi Ops Korem 174/ Merauke
Kolonel Inf Ferdial Lubis, di lokasi latihan, Kampung Kebun Coklat, Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam membantu masyarakat dan pemerintah setempat serta menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat dan negara. “Latihan ini penting dilakukan bagi setiap prajurit. Sebab, di jajaran TNI tidak mengenal istilah prajurit hebat, yang ada hanyalah prajurit terlatih,” tegasnya.

Ferdial menjelaskan, latihan drill taktis ini langsung dihadapkan seolah-olah dengan situasi keadaan medan yang sebenarnya dan sasaran utamanya yakni Penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.

“Setiap tahunnya kebakaran hutan terjadi di bebeberapa wilayah Indonesia termasuk di Merauke dan pada kejadian kebakaran hutan dan lahan tersebut prajurit Korem Merauke ikut ditugaskan dalam penanggulangan Karhutla yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Merauke,” tuturnya.

Hal lain yang tidak kalah penting, lanjut Ferdial, dalam latihan Gulben Karhutla, yaitu untuk melatih prajurit jajaran Korem 174 Merauke sehingga apabila dihadapkan dengan kejadian sebenarnya sudah memahami mekanisme dalam melakukan tugasnya serta membiasakan untuk selalu berkoordinasi antar instansi terkait sampai ke tingkat terkecil.

“Koordinasi mudah diucapkan, namun seringkali susah dalam pelaksanaan atau penerapan di lapangan, padahal kita ketahui bersama bahwa keberhasilan suatu kegiatan salah satunya didukung oleh koordinasi yang baik,” ungkapnya.

Latihan Gulben Karhutla tersebut melibatkan 150 personel terdiri dari TNI AD jajaran Korem 174 Merauke, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Merauke, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Merauke, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kabupaten Merauke termasuk Denkesyah Merauke dan sebagai Posko Latgulben berada di Kantor Distrik Tanah Miring, Kab.Merauke.

Hadir pada kegiatan Latgulben, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Candra, Danyonif 757/GV Letkol Inf Ferizal, Kepala BNPB Merauke Adi Sulistyo, Kepala Distrik Tanah Miring dan Plh. Kasdim 1707/Merauke Mayor Inf Daniel. Ngilawane. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *