Awak KRI Kolinlamil Ikuti Tes Cepat Covid-19 Siap Tugas Operasi Dukangla

Jakarta, topikonline.co.id – Setelah sandar beberapa hari di Dermaga Kolinlamil, personel KRI Amboina 503 dan KRI Teluk Hading 538 melaksanakan tes cepat (Rapid test) Covid-19 yang berlangsung di Tank Deck KRI, Rabu (14/8).
KRI Amboina 503 akan melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer terhadap 7 berbagai satuan TNI AD yang akan mengikuti latihan pembentukan pasukan raider.
7 satuan TNI AD yang akan diangkut KRI Amboina 503 antara lain Brigif 20 Timika, Brigif 18 Malang, Yonif 754/Eme Neme Kangasi Timika, Yonif 755/Yalet Merauke, Yonif Para Raider 431/ Satria Setia Perkasa (SSP) Maros, Yonif Para Raider 432/ Waspada Setia Jaya Maros dan Yonif Para Raider 433/Julu Siri Maros.

Komandan KRI Amboina 503 Letkol Laut (P) Agus Yunianto mengatakan pentingnya Rapid test ini tidak lepas dari kondisi secara nasional yang masih dalam rangka Pencegahan Penanggulangan Pandemi Covid-19 serta merupakan implementasi dari arahan pimpinan TNI AL tentang pola skrining secara berkala dan transparan terhadap seluruh prajurit TNI AL.
Memang pola untuk dalam penanganan pandemi Covid-19 ini harus dijalankan secara seimbang dengan melalui rapid test dan Swab test, namun untuk mengetahui gejala awal dapat dengan rapid test.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengungkapkan upaya pemutusan rantai penularan, pengawasan terhadap kepatuhan akan pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru pada daerah hulu merupakan hal yang sangat penting pada alur proses pandemi ini.
“Apalagi bagi prajurit KRI yang membutuhkan kondisi fisik yang prima dan bebas dari virus agar dapat menjalankan tugas secara aman” tandasnya.

Sebelum kegiatan Rapid test dimulai selalu dilakukan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) secara proporsional oleh perwira dari Diskes Kolinlamil.
Hal ini dimaksudkan agar peserta Rapid test paham tujuan kegiatan dan bagaimana cara membaca hasilnya.secara benar sehingga tidak terjadi kepanikan ataupun salah pengertian.
Hasil yang didapat dari giat Rapid test di KRI Amboina 503 ini rata-rata non reaktif apabila diindikasi ada yang hasilnya reaktif, segera dilakukan pendalaman dan penanganan lanjutan di RSAL Mintohardjo untuk memastikan adanya Infeksi virus Covid-19. Begitupun para prajurit KRI Teluk Hading yang siap menunggu perintah operasi bebas dari Covid-19.
Hal ini menunjukkan Pembinaan kondisi Kesehatan prajurit secara umum dikategorikan baik di Kolinlamil. Keadaan ini harus tetap dipertahankan dengan melaksanakan secara tegas Protokol Kesehatan dalam kesehariannya. [Dispen Kolinlamil/Adang]

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *