Tim Audit Itjen TNI Kunjungi Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/BWU dan Yonif 200 R/BN

Jakarta – Tim Audit Inspektorat Jenderal (Itjen) TNI mengunjungi Satgas Pamtas RI-Malaysia yaitu Yonif 623/BWU di Sektor Nunukan dan Posud Yonif 200 R/BN di Sektor Malinau dalam rangka melakukan audit terhadap kinerja organisasi serta perbendaharaan di Komando/Satuan TNI Wilayah Papua, Papua Barat, Bali Nusra, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Untuk Komando/Satuan TNI wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai dengan 26 Oktober 2020.

Audit kinerja di wilayah Kaltim dan Kaltara dipimpin oleh Irjen TNI yang diwakili Irum Itjen TNI Laksma TNI Dr. Bambang Wiratama, selaku Pengendali Teknis dan Ketua Tim Kolonel Kav Ade Wihanto.

Pada tanggal 2 Oktober 2020 melaksanakan audit di Lanal Nunukan dan tanggal 3 Oktober 2020 dilaksanakan peninjauan pada beberapa Pos Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/Bwu di Pulau Sebatik,  antara lain Pos Bambangan, Pos Tanjung Aru, Pos Bukit Kramat, Pos Aji Kuning, dan Pos Marinir Bambangan serta Pos TNI AL Sei Pancang, dilanjutkan audit di Kotis Satgas Pamtas 623/Bwu di Nunukan pada tanggal 4 Oktober 2020.

Pada tanggal 5 Oktober 2020, bertepatan dengan HUT ke-75 TNI, Laksma TNI Dr. Bambang Wiratama didampingi Irops Itjen TNI Brigjen TNI Fauzi Rusli,  dan Kolonel Kav Ade Wihanto beserta anggota tim audit, dengan menggunakan transportasi Hely Bell 412 mengunjungi Posud Satgas Pamtas Yonif 200-R/Bn yang merupakan salah satu Pos Perbatasan RI-Malaysia yang berada di daerah Malinau Kalimantara Utara.

Irum Itjen TNI Laksma TNI Dr. Bambang Wiratama dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas perintah Irjen TNI, Kami Tim D Itjen TNI mendapat kehormatan yang pertama kali mengunjungi Pos Perbatasan di Malinau dan dapat melihat secara langsung kondisi Prajurit yang melaksanakan tugas di perbatasan darat RI-Malaysia. Pos ini hanya bisa dikunjungi melalui udara, hal ini disebabkan selain sulitnya menentukan time schedule, Alutsista yang digunakan, juga adanya ketergantungan terhadap kondisi alam yang seringkali tidak memungkinkan untuk dikunjungi.

Selanjutnya Pengendali Teknis Tim D, melihat langsung proses pencapaian tugas operasi dari unsur pelaksana, pengendali sampai dengan unsur pendukung, serta ingin mengetahui permasalahan yang menjadi hambatan untuk dilakukan pemecahan masalah secara bersama.

Pada kesempatan ini pula, Pengendali Teknis memberikan bahan kontak sebagai tali asih dari Bapak Irjen TNI untuk menambah semangat dan memotivasi serta meningkatkan moril prajurit yang bertugas di perbatasan Negara Republik Indonesia khususnya perbatasan RI-Malaysia.

Pada tanggal 6 Oktober 2020, audit dilanjutkan ke Korem 092/Mrl di Tanjung Selor sebagai Komando Latihan dan Operasi Satgas Pamtas. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *