Pertebal Keimanan Anggota, Kodam Jaya Peringati Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M

Cililitan – Tahun Baru Islam merupakan momentum penting bagi umat Islam, peristiwa sejarah Islam memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, menyikapi sejarah tersebut, Kodam Jaya selenggarakan Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M, di Masjid Al – Jihad Makodam Jaya Jalan Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (03/09/2020).

Peringatan tahun baru Islam kali ini, diawali dengan pembacaan ayat Suci Al Quran oleh Pns Muharror dari Bintaldam Jaya serta saritilawah Pns Barokah dari Korem 051/Wkt, adapun Temanya : “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1442 H / 2020 M Kita Tingkatkan Sinegritas TNI Bersama Seluruh Komponen Bangsa Menuju Tatanan Kehidupan Baru”.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, menyampaikan, peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M tidak hanya sebuah kemeriahan peringatan, namun yang paling penting ialah bagaimana mentransformasi dan mengevaluasi diri kita untuk menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat dari tahun sebelumnya.

“Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk kita dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari kemaksiatan dan kemungkaran,” tuturnya dalam sambutannya.

“Hendaknya kita sadar untuk meninggalkan perbuatan tercela dan meningkatkan keimanan, marilah berhijrah untuk menjadi Prajurit dan PNS yang lebih profesional, solid dan militan serta perkokoh sinergitas TNI bersama seluruh komponen bangsa,” tegasnya.

Intisari peringatan Tahun baru Islam secara rinci diuraikan oleh Ustad kondang di tanah air, yakni Ustad Dr. H. Das’ad Latif, yang menyampaikan di awal ceramahnya mengucapkan terima kasih kepada Pangdam Jaya beserta jajarannya serta suatu kehormatan dapat mengisi ceramah di Makodam Jaya, karena baru pertama kali ini beliau dapat masuk dan mengisi ceramah di Makodam Jaya.

“Kita tahu pada saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah mengalami berbagai masalah namun seijin Allah SWT semua masalah tersebut dapat diatasi, begitu pula apabila kita memiliki masalah maka mintalah kepada Allah agar diberikan jalan keluarnya, karena tidak ada yang tidak mungkin,” tambahnya.

Setelah panjang lebar penjelasan tentag makna peringatan Tahun baru Islam, adapun intisari peringatan Tahun baru Islam dapat disimpulkan antara lain, pertama “Bangkitkan semangat belajar” dengan belajar dengan sendirinya akan menambah ilmu, segala sesuatu yang dilakukan semestinya didasari dengan ilmu termasuk dalam hal ketaqwaan terhadap Allah SWT, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya, ini semua aplikasinya didasari dengan ilmu.

Kedua “Sambungkan silaturahmi”, membangun silaturahmi yang baik dan benar, baik dengan sesama umat Muslim maupun dengan sodara kita diluar Muslim, terjalinnya silaturahmi yang baik akan tercipta suasana kehidupan yang tertib, nyaman damai dan harmonis, serta terjalin sinegritas yang baik sesama komponen bangsa.

Ketiga “Hormati serta muliakan orang tua” Ridho Allah adalah ridhonya orang tua, hormati dan muliakan orang tua, Islam memerintahkan agar setiap anak untuk menghormati dan memuliakan orangtuanya. Kita sebagai anak tentu harus berbakti kepada mereka serta memberikan kasih sayang dan perbuatan yang menyenangkan.

Keempat “ Senantiasa santun dalam bertutur kata” Berinteraksi dengan siapapun hendaknya menjaga lisan kita, pelaksanaannya sikap prilaku yang sopan santun serta dengan tutur kata yang baik. Pungkasnya.

Hadir dalam peringatan Tahun baru Islam diantaranya para pejabat utama Kodam Jaya, serta segenap Anggota Militer, PNS dan Persit Kodam Jaya, kemudian semarak peringatan dengan menampilkan Tim Marawis dari Kesatuan Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *