Panglima TNI Sematkan Penghargaan Satya Lencana Wira Dharma kepada Yonif Raider 300 Brajawijaya

Cilangkap – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyerahkan secara simbolis tanda penghargaan Satya Lencana Wira Dharma kepada 10 perwakilan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap jakarta Timur, Rabu (12/8/2020).

Penyematan Tanda Penghargaan ini dilaksanakan berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19/TK/Tahun 2020, tanggal 2 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Berdasarkan Surat keputusan tersebut, sebanyak 450 personel prajurit Satgas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya yang berada di bawah jajaran kodam III/Siliwangi mendapatkan penganugerahan Satya Lencana Wira Dharma, setelah selesai melaksanakan tugas negara, yaitu Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Utara TA 2020, Kab Keerom, Jayapura dalam keadaan baik dan aman.

Perwakilan prajurit TNI yang mendapatkan penyematan tanda penghargaan secara simbolis dari Panglima TNI terdiri dari 5 Perwira, 2 Bintara dan 3 Tamtama, yaitu Letkol Inf Ary Sutrisno (Komandan Batalyon). Kapten Inf Andhika Hutabarat, Lettu Inf Dody Suyono. Lettu Inf Hartono, Lettu lnf Dzaky Fariz N, Sertu Dadan AH., Serda Deni Indolaras, Kopda Yuli W., Kopda Rasuka, dan Praka Ela Yulian.

Penganugerahkan tanda kehormatan ini diberikan sebagai penghargaan kepada prajurit Tentara Nasional Indonesia, yang telah bertugas dan mendarmabaktikan diri untuk pengamanan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia paling singkat 90 (sembilan puluh) hari secara terus menerus akan 120 (seratus dua puluh) hari secara tidak terus menerus dalam 1 (satu) kali penugasan Batalyon ini, dibawah kepemimpinan Komandan Batalyon Letkol Inf Ary Sutrisno telah berhasil melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan selama kurang lebih 12 bulan dari bulan Agustus 2019 sampai bulan Juli 2020.

“Penyematan Satya Lencana Wira Dharma kepada Yonif Raider 300/Brajawijaya tahun 2020 adalah bentuk penghargaan dan penghormatan dari negara dan seluruh rakyat Indonesia kepada para prajurit para prajurit satgas Yonif Raider 300 brajawijaya dinilai telah berhasil dalam melaksanakan tugas yang telah dipercayakan bangsa dan negara,” ujar Hadi dalam amanatnya.

Menurut Hadi, wilayah perbatasan adalah beranda terdepan NKRI yang harus dijaga untuk menegakkan kedaulatan dan menunjukkan bahwa wibawa negara tetap kita jaga

“Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran yang berarti juga membangun wilayah perbatasan,” kata Hadi.

“Pengamanan perbatasan RI-PNG yang telah dilaksanakan oleh Yonif Raider 300 Brajawijaya menjadi bukti kontribusi TNI untuk mewujudkan visi pembangunan nasional tersebut,” tandasnya.

Selama dalam penugasan pengamanan perbatasan negara yang sekaligus pembinaan teritorial dengan segala rintangannya, Batalyon ini telah mampu melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat.

Prestasi yang dicapai diantaranya menerima 2 pucuk senjata rakitan dan penyerahan amunisi kaliber 5.56 sebanyak 80 butir dari masyarakat, mengamankan penjualan BBM ilegal yang tidak dilengkapi dokumen dan berhasil menyita narkotika berupa ganja siap edar serta menghancurkan ladang ganja milik warga setempat yang ditanami 300 batang pohon ganja. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *