Reuni Model Baru, Alumni Akabri 95 Raih 2 Rekor MURI

DEPOK – Sebanyak 793 Perwira Alumni Akabri 1995 dari 4 Matra (TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Kepolisian), yang tersebar di 45 lokasi, terdiri dari 31 kota/daerah di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan di 14 kota di luar negeri di Asia dan Eropa antara lain Singapura, Philipina, Vietnam, China, Korsel, Bangladesh, Pakistan, Iran, Saudi Arabia, Perancis, Italia, Spanyol, Belanda dan Lebanon, menggelar Acara “Silver reunion” memperingati 25 tahun pengabdian kepada negara dan bangsa yang terpusat di Satuan Pasukan Gegana Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok,  Minggu (26/07/2020).

Tepat pada tanggal 27 Juli 1995 pukul 09.00 Wib, 25 tahun yang lalu, Perwira Alumni Akabri 95 dilantik di Istana Merdeka Jakarta oleh Presiden RI sebagai seorang Perwira Muda berpangkat Letnan Dua dan memulai karir di TNI dan Polri.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Brigjen Pol Reza Aditya Erwanto (Danpas Gegana Korbrimob Polri) sebagai tuan rumah kegiatan terpusat di Jakarta, pada kesempatan itu menyampaikan, untuk mewujudkan rasa syukur atas 25 tahun pengabdian, kami sebagai kawan seperjuangan melaksanakan reuni dengan hikmat namun tetap peduli atas keprihatinan akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia. “Kebersamaan kami tak akan lekang dimakan waktu,” ujarnya.

Acara Reuni dengan cara virtual seperti sekarang ini merupakan hal baru dan pertama kali oleh Alumni Akademi TNI dan Kepolisian. Tidak main-main, kegiatan ini bahkan dengan percaya diri, dilaksanakan dari 45 lokasi di 15 Negara termasuk Indonesia. Sebelumnya, Acara Reuni Alumni Akabri selalu dilaksanakan secara terpusat bertempat di Akademi Militer (Kawah Candradimuka), tempat dimana Perwira TNI dan Polri pada tahun 90an ditempa pertama kali untuk menjadi seorang Perwira.

Tentunya tantangan dan tingkat kesulitan pelaksanaan reuni model ini cukup tinggi namun tidak menyurutkan niat dan semangat Para Alumni Akabri 95 untuk mewujudkan kebersamaaanya dengan rasa syukur.

Acara “Silver Reunion” yang bertempat di Hanggar Satya Haprabu Mako Brimob ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Rapid test dilaksanakan saat pertama peserta tiba di lokasi kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Inf Putra Widiastawa didampingi, Brigjen Pol Drs Sandi Nugroho, Brigjen Pol Reza Aditya Erwanto, Kolonel Laut (P) Dwiadji Gultom, Kol Pnb Indan Gilang Buldansyah dan Kombes Pol Wahyu Bintoro menyampaikan, “Kami sepakat melaksanakan peringatan 25 tahun pengabdian sebagai ungkapan rasa syukur dan semangat kebersamaan yang kami manfaatkan sebagai sarana untuk memantapkan soliditas dan sinergitas  antara TNI Polri secara umum dan diantara kami Alumni Akabri 95 secara khusus,” tambah Putra.

Putra menjelaskan, terkait Pandemi Corona, rangkaian kegiatan Reuni kali ini diprioritaskan pada usaha-usaha untuk mengabdikan diri kepada masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19 yang telah berjalan sepanjang bulan Juli 2020

Adapun kegiatan Bakti Sosial, Bakti Masyarakat dan Bakti Almamater yang telah dilaksanakan antara lain pembagian sembako dengan target 27.795 paket (angka skral tanggal pelantikan), donor darah target 5.000 kantong, pembuatan sumur artesis untuk masyarakat di 3 lokasi, pelaksanaan Rapid Tes dan Swab bagi masyarakat, pemberian bantuan APD kepada tenaga medis, pemberian 3.000 kotak Keramik untuk Tempat Ibadah dan Sekolah di Madura, pemberian perangkat nelayan dan alat selam di P. Soop Papua Barat, penanaman pohon di G. Lawu, bedah rumah di NTT di 2 titik, Anjangsana dan pemberian bantuan kepada Yayasan Panti Asuhan dan Panti Jompo, menjenguk dan pemberian bantuan kepada Anggota TNI Polri yang sakit,  terjun langsung membantu pengungsi Bencana Banjir Bandang di Luwu Sulsel, pemberian dukungan sarana dan pra sarana pendidikan di masing-masing Akademi Angkatan dan Kepolisian, pemberian cindera mata dan tali asih bagi mantan pengasuh dan pegawai Akademi masing-masing, Ziarah ke Makam Alumni Akabri 95 yang sudah meninggal di seluruh Indonesia dan kunjungan dan pemberian bantuan kepada Keluarga serta di luar negeri dilaksanakan pemberian bantuan dan pendampingan terhadap Pekerja Migran Indonesia, Pelajar dan Mahasiswa di berbagai negara.

Putra menjelaskan, ada kabar baik tentang target pemberian Bakti Sosial berupa pembagian sembako di seluruh dunia sudah melampaui target yang direncakan dengan jumlah terakhir mencapai kurang lebih 33.000. Sementara target donor darah juga dapat dilampaui dengan jumlah terakhir adalah 5.700 kantong darah. “Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami bahwa seluruh Alumni Akabri 95 telah bekerja sama, saling membantu, saling mendukung satu sama lain sehingga cita-cita yang kami niatkan dapat terwujud bahkan melampaui target. Ini menunjukan betapa solidnya Alumni Akabri 95 dimana pun kami bertugas dan berada,” jelasnya.

Berita gembira lainnya, dengan Reuni Model baru ini, Alumni Akabri 95 mendapatkan 2 rekor MURI dengan kriteria pencapaian Jumlah Pembagian Sembako dan Donor darah terbanyak di beberapa tempat secara serentak dan pelaksanaan Reuni Virtual Pertama Alumni Akabri dengan lokasi (dalam dan luar negeri) terbanyak yang pernah dilaksanakan.

Acara Reuni yang mengusung tema “Dengan semangat 25 Tahun Pengabdian Akabri 1995, kita mantapkan solidaritas dan sinergitas TNI-Polri dalam Pengabdian kepada Masyarakat dan Negara” ini berakhir dengan aman, hikmat dan lancar, dan menimbulkan beribu-ribu keharuan dan kesan bagi para peserta. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *