Selama Operasi Patuh Jaya 2020, Polisi Terapkan Sistem Hunting dan Fokus ke 5 Pelanggaran

Ilustrasi Operasi Patuh Jaya 2020.

Jakarta – Para pengendara di wilayah hukum Polda Metro Jaya harus lebih disiplin dan tertib mengikuti aturan lalu lintas. Tidak lagi bisa seenaknya berkendara di jalan raya.

Dan dari sekian banyak jenis pelanggaran yang berpotensi dilangar selama Operasi Patuh Jaya 2020 polisi akan lebih fokus pada lima pelanggaran yakni melawan arus lalu lintas, melanggar marka stop line, penumpang dan pengemudi tidak menggunakan helm SNI, melintas di bahu jalan tol, dan menggunakan rotator dan sirine tidak sesuai ketentuan.

Peringatan ini disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo terkait pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2020 yang dilaksanakan selama 14 hari ke depan dan dimulai pada Kamis, (23/7) ini.

“Pengendara yang selama ini merasa aman dari pengawasan polisi lalu-lintas, dan bisa berlaku seenaknya di jalan raya, akan kena batunya selama Operasi Patuh Jaya 2020 digelar,” kata Sambodo usai gelar pasukan Operasi Patuh Jaya 2020 di halaman Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya, Kamis, (23/7) pagi.

Dilanjutkan Sambodo, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2020 pihaknya akan menerapkan sistem hunting atau mencari titik  rawan pelanggaran lalu lintas.

Sistem tersebut diterapkan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan selama operasi.

“Petugas  kita minta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan cara mereka tidak melakukan penindakan dengan cara razia stationer, tetapi dengan cara mobile atau hunting system,” ujar Sambodo.

“Kalau sudah dirasa berkurang pelanggarannya akan pindah lagi. Jadi akan mencari yang sekiranya akan banyak pelanggaran,” lanjutnya.

Lebih lanjut Sambodo juga memberi contoh bagaimana operasi tersebut akan dilaksanakan di lapangan.

“Misalnya dari [Jalan] Hasyim Anshari pindah ke [Jalan] Daan Mogot begitu ya. Jadi ada perpindahan secara mobile,” ujar perwira melati tiga jebolan Akpol 1994 ini.

BACA JUGA:

Sambodo juga memastikan personel yang melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2020 akan tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat operasi ini dilaksanakan di masa PSBB transisi.

“Kelengkapan anggota dari sarung tangan dan masker juga akan dipakai,” pungkasnya. fer

 

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *