Langkah Tegas Kapolri Copot Jabatan Prasetijo Diapresiasi Wakil Ketua MPR RI

Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid.

Jakarta – Langkah tegas Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis yang mencopot Brigjen Pol Prasetijo Utomo dari jabatannya sebagai kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri, karena menerbitkan surat jalan untuk buronan kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra diapresiasi Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid.

“Saya mengapresiasi dan menghormati keputusan Idham Azis yang bergerak cepat mencopot yang bersangkutan. Itu membuktikan Kapolri tidak tebang pilih,” kata Jazilul dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, (16/7).

Menurut Jazilul, langkah Kapolri mencopot dan menahan Prasetijo Utomo merupakan langkah krusial untuk melakukan pemeriksaan dan membuktikan motif di balik keluarnya surat jalan terhadap Djoko Tjandra.

Dikatakannya, Polri harus cepat mengungkap apa motif sebenarnya dan siapa saja yang terlibat, termasuk menimbang bobot pelanggaran dan sanksi hukum yang akan dikenakan, termasuk sanksi hukum pidana.

“Pemeriksaan terhadap Prasetijo Utomo mesti dilakukan terbuka agar menjadi ‘terang’ di mata publik dan bisa menjadi pelajaran bagi jajaran polisi lainnya,” ujar politisi PKB ini.

Jazilul menilai kasus yang dilakukan Prasetijo ini juga jadi ujian bagi Korps Bhayangkara. Pun begitu, dia tetap yakin Kapolri tetap akan bertindak profesional dan tegas untuk menegakkan disiplin jajarannya.

Sebelumnya, berdasarkan Surat Telegram (TR) Kapolri bernomor ST/1980/VII/KEP./2020 tertanggal 15 Juli 2020, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mencopot Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijoo Utomo, dari jabatannya.

Selanjutnya Prasetijo ditempatkan tanpa jabatan di Yanma Mabes Polri dan kini ditahan selama 14 hari di Propam Polri. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *