KPK dan Polda Metro Gagal Buktikan Unsur Pidana OTT Suap UNJ ke Pejabat Kemendikbud

KPK bersama Polda Metro Jaya dan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbub mengadakan jumpa pers perihal kegagalan pembuktian unsur pidana OTT KPK terhadap suap dari rektorat UNJ ke pejabat Kemendikbud.

Jakarta – Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pejabat Kemendikbud yang menerima suap dari Kabag Kepegawaian Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dwi Achmad Noor (DAN), gagal menemukan bukti unsur pidana.

OTT dimaksud terjadi pada Rabu, 20 Mei 2020 sekitar pukul 11.00 WIB.

Kala itu, DAN tertangkap tangan oleh KPK sedang menyerahkan sejumlah uang yang disebut sebagai uang THR dari pihak rektorat UNJ untuk beberapa pejabat di Kemendikbud.

Namun anehnya, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak termasuk rektor UNJ dan para pejabat Kemendikbud, KPK rupanya gagal membuktikan adanya unsur perbuatan tindak pidana.

Lebih aneh lagi, gagal membuktikan unsur pidana KPK lalu melimpahkan hasil OTT itu ke Polda Metro Jaya untuk ditindak lanjuti.

Atas pelimpahan tersebut, Subdit Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, lalu melakukan serangkaian penyelidikan dan memintai keterangan dari saksi ahli.

Dan hasilnya pun sama lagi. Krimsus Polda Metro juga gagal menemukan bukti tindak pidana korupsi.

Terhadap hasil yang terdengar aneh ini, KPK bersama Polda Metro Jaya dan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbub, akhirnya sepakat melakukan jumpa pers pada Kamis, (9/7), untuk bersama-sama memberikan keterangan serupa.

Juru bicara KPK Ali Fikri, Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Roma Hutajulu dan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus serta Inspektur Jenderal Kemendikbud, Chatarina Muliana Girsang, sepakat menyatakan hasil OTT ini zonk dan melimpahkan perkara tersebut kepada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kemendikbud RI.

Pelimpahan internal disepakati dilakukan oleh Inspektorat Kemendikbud untuk mengusut dugaan pelanggaran etik dan atau disiplin. bem

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *