Profesional Tugas Kewilayahan, Kodim Jaktim Gelar Latnister

Cakung – Kodim 0505/JT Gelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2020 di Aula Makodim kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan jajarannya. Latnister ini digelar untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan kepada Babinsa, agar mampu dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan,

Perwira Staf Operasi Kapten Inf Agus, menjelaskan bahwa kegiatan yang diprogramkan oleh Komando Atas ini berlangsung selama 5 hari, mulai 8 sampai dengan 12 Juni 2020, Rabu (10/06/2020).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dandim 0505/Jakarta Timur Kolonel Inf Muhammad Mahfud As’at mengatakan, tentang mekanisme latnister terdiri dari dua tahap yaitu pertama peserta latihan diberikan pembekalan materi diruangan Aula, tahap kedua kemantapan tugas Aparat komando kewilayahan, peserta latihan langsung melaksanakan praktek di lapangan.

“Tujuannya untuk memelihara, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan. Serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa, agar dapat melaksanakan tugas dilapangan dengan baik,” ucapnya.

Dandim selaku Komandan Latihan (Danlat) mengharapkan kegiatan Latnister ini dapat meningkatkan kemampuan Babinsa dalam berperan aktif di wilayah binaan Teritorialnya guna percepatan pembangunan dan pendampingan kegiatan di wilayah.

Menurutnya Mahfud, Babinsa adalah ujung tombak Aparat komando kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram secara bertahap, berjenjang dan berlanjut.

“Jika Babinsa diwilayah selalu eksis dan mampu memberikan energi positif dalam membantu program pemerintah tingkat Kelurahan maka akan terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat diwilayah binaan Teritorialnya,” tegasnya.

Pemberi Materi Latnister adalah Pasiter Kapten Inf Agi Suprapto, Danramil Cakung Kapten Inf Sayidan, Danramil Pulogadung Kapten Kav Elba Gloriano Priambodo, Danramil Kramatjati Kapten Inf Hadi Sasmungi, Wadanramil Jatinegara Kapten Arm M. Sianturi, pembekalan materi yang diajarkan:
1. Kemampuan Temu cepat dan lapor cepat
2. Kemampuan manajemen Teritorial
3. Kemampuan penguasaan wilayah
4. Kemampuan Bin wanra
5. Kemampuan Komsos

“Pelaksanaan Latnister yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kemampuan Satkowil serta dapat diaplikasikan di dalam pelaksanaan tugas, khususnya bagi para Babinsa sehinga dapat menjalankan tugas secara optimal,” tandasnya. fey

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *