Terapkan PSBB, Polda Metro Siapkan Langkah Hukum Pada Pelanggar

Semanggi – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pada Jumat (10/04) mendatang. Hal tersebut diterapkan guna pencegahan penyebaran pandemi coronavirus atau Covid-19.

Pihak Polda Metro Jaya melakukan berbagai upaya dalam rangka menyukseskan PSBB tersebut. Selain upaya pencegahan, Korps Bhayangkara juga akan mengambil langkah hukum terhadap masyarakat yang melanggar.

Muat Lebih

banner 300250

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, upaya penegakan hukum dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat. Namun ia menegaskan bahwa hal itu merupakan langkah terakhir yang akan dilakukan apabila masyarakat tidak mengindahkan imbauan selama PSBB.

“Penegakan hukum ini merupakan langkah terakhir apabila imbauan-imbauan tidak diikuti oleh masyarakat,” ujar Nana melalui keterangan pers secara daring di Mapolda Metro, Jakarta, Rabu (08/04/2020).

Nana memaparkan, pihaknya akan menerapkan UU No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, serta pasal-pasal dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) kepada pelanggar PSBB tersebut.

“Ini meliputi Pasal 212, 214 dan 218 yaitu ababila masyarakat sudah diimbau untuk membubarkan diri tiga kali, tetapi yang bersangkutan tetap menolak. Sifatnya memberikan efek jera kepada masyarakat dan merupakan tindak pidana ringan,” kata Nana, didampingi Kabid Humas Kombes Pol Yusri Yunus dan Dirlantas Kombes Pol Sambodo Purnomo.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta terkait masalah hukum. Ia menyebut kejaksaan akan menangani pelanggar PSBB dengan acara pemeriksaan singkat.

“Kejaksaan sudah merespon baik, sudah mempelajari Maklumat Kapolri, dan kejaksaan sudah merespon akan melakukan acara pemeriksaan singkat dalam hal penanganan ini,” tegas Nana. fry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *