RS Ridwan Meuraksa Simulasi Penanganan Virus Corona

banner 468x60

Jakarta – Rumah Sakit Tk II Ridwan Meuraksa melaksanakan simulasi penanganan Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau Virus Corona, yang dipimpin oleh Kepala Kesehatan Kodam Jaya Kolonel Ckm dr. Stefanus Dony, Selasa (25/2/2020).

Kakesdam Jaya Kolonel Ckm dr. Stevanus Dony mengatakan, pelaksanaan simulasi Penanganan Virus Corona ini diikuti oleh tim yang dibentuk rumah sakit, terdiri dari berbagai dokter spesialis dan petugas kesehatan lainnya yang memiliki skill penanganan penyakit airborne diseases (penyakit-penyakit yang dapat ditularkan melalui udara).

Muat Lebih

banner 300250

“Selain itu Rumkit TK II Ridwan juga telah menyiapkan ruangan dengan perlengkapannya untuk penanganan apabila ada pasien yang diduga terinfeksi virus corona,” ujarnya.

Dalam simulasi penanganan korban virus corona tersebut, tim medis tampak dilengkapi pakaian APD (Alat Pelindung Diri ) khusus. Seperti masker jenis N95, kacamata khusus dan sarung tangan. Dalam simulasi itu, pasien dirawat di ruang isolasi corona yang telah disediakan.

Simulasi bermula kedatangan seorang pasien yang diantar oleh Ibunya yang baru saja tiba dari luar negeri. Kurang lebih dua minggu kemudian datang ke Indonesia dan mengalami sakit dengan gejala seperti flu corona. Gejala pertama adalah seperti flu biasa dan dominan sakit tenggorokan.

Stevanus mengatakan, simulasi itu merupakan persiapan Rumkit TK II Ridwan Meuraksa dalam menangani pasien terinfeksi Virus Corona yang sedang merebak dibeberapa negara saat ini.

“Dengan adanya simulasi ini diharapkan seluruh tenaga medis Rumkit TK II Ridwan Meuraksa sigap dalam melakukan penanganan terhadap pasien terjangkit Virus Corona,” tegas Stevanus.

Hadir dalam acara simulasi tersebut antara lain : Kapuskesad Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., MH dan para Dirbin, Karumkit TK II Ridwan Meuraksa, Karumkit IV Cijantung, Karumkit IV Daan Mogot, Kapolkes, Kapolma Kodam Jaya. fry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *