KOLOM: Ganja sebagai Komoditas Ekspor?

Ilustrasi ganja.
banner 468x60

GANJA atau kannabis  adalah genus dari dioecious yang banyak disalahgunakan kalangan masyarakat untuk tujuan rekreasi (rekreasional) untuk besenang-senang atau berhura hura. Ada juga yang menyebut ganja dapat  menyembuhkan penyakit  tertentu seperti asma.

Hal ini tentu saja adalah pendapat yang menyesatkan. Catat, ganja adalah narkotika!! Jika disalahgunakan bisa merusak kesehatan secara permanen  dan menimbulkan ketergantungan.

Dan faktanya, sampai saat ini juga belum ada satu pun pembuktian dari penelitian medis yang menyebutkan bahwa ganja dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Apalagi obat untuk penyakit asma sangat banyak dan tersedia cukup banyak. Sehingga tak perlu lagi ada pendapat yang menyatakan dibutuhkan obat-obat lain sebagai alternatif.

Irjen Pol Arman Depari menunjukkan barang bukti ganja yang disita dari pengungkapan kasus oleh BNN.

Sepanjang pengetahuan saya juga belum ada negara di dunia  yang mengubah undang undang nasionalnya untuk mengeluarkan ganja dari narkotika golongan 1. Pun begitu pula dengan undang-undang kita yang tercatat dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Tanaman ganja sudah tegas dimasukan ke dalam golongan 1 narkotika. Dilarang keras untuk memiliki atau menyimpan atau memelihara tanaman ganja, mulai dari biji, buah, jerami,hasil olahan  atau bagian tanaman  lain untuk tujuan apa pun. Jika ini dilanggar, maka perbuatan tersebut adalah kejahatan atau perbuatan pidana.

Oleh karena itu, jika ada keinginan untuk melegalisir ganja, kita perlu secara tegas menelusuri dan menelisik apa kepentingannya. Apakah memang murni bertujuan untuk kepentingan masyarakat atau ada kepentingan lain dari sindikat yang jelas pemanfaatannya.

Karena bagaimana pun juga, sampai detik ini di luar ketentuan undang undang ganja yang punya nama lain semisal charas, grass, dope, pot, weed, mull, bhang, dan hashish tetaplah suatu kejahatan.

Penulis: Irjen Pol Arman Depari, Deputi Pemberantasan BNN

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *