Polisi Amankan 1 Pencuri Rumsong, 2 Lainnya Masih DPO

banner 468x60

Semanggi – Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap 1 pelaku berinisial B (47), pencuri rumah kosong (rumsong) di daerah Sunter, Jakarta Utara, pada 15 Januari lalu.

Namun, 2 teman pelaku beinisial M (36) dan S (48) belum tertangkap, sementara masuk daftar pencarian orang (DPO).

Muat Lebih

banner 300250

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, para pelaku pencuri rumsong memiliki peran masing-masing. “Pelaku B memiliki peran mengawasi keadaan dengan cara bersembunyi di dalam rumah,” ujarnya kepada wartawan, di Mapolda, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Sementara, lanjutnya, DPO berinisial M sebagai penentu target, menyiapkan alat-alat dan eksekutor. Kemudian S berperan membantu eksekutor melakukan pencurian.

Modus pelaku mencari target rumsong atau rumah yang tidak berpenghuni, setelah mendapat target kemudian pelaku melakukan aksi pencurian sesuai perannya terhadap target yang sudah ditentukan.

“Pada hari Rabu 15 Januari 2020, diketahui warga terdapat 3 orang asing yang tidak dikenal dan mencurigakan masuk ke dalam rumah, yang menginformasikan kepada pemilik rumah,” ucap Yusri

Kemudian pemilik rumah memerintahkan satpam dan supir untuk mendatangi rumah tersebut ditemukan gembok dalam keadaan rusak dan pagar terkunci dari dalam.

Selanjutnya satpam mencoba masuk ke dalam rumah dengan cara menaiki tembok samping, tetapi diketahui para pelaku dan berusaha keluar pagar untuk melarikan diri.

“Satpam mengejar sambil berteriak, dan teriakan tersebut terdengar oleh anggota opsnal unit 3 Resmob yang sedang berada di sekitar TKP. Kemudian mengamankan B, sementara M dan S melarikan diri,” paparnya.

Tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP subsider Pasal 362 KUHP Jo Pasal 53 KUHP, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. fry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *