Tergiur Tanah Warisan, Tiga Orang Ini Palsukan Dokumen Nikah

Semanggi – Sub Direktorat Harta Benda (Subdit Harda) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkap pemalsuan dokumen demi menguasai lahan warisan. Tiga tersangka diamankan dalam kasus tersebut yaitu, J, MHH dan ABB.

“Para pelaku secara bersama-sama ingin menguasai aset berupa tanah atas nama almarhum Basri Sudibyo di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, di Mapolda Metro, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Muat Lebih

banner 300250

Adapun dokumen yang dipalsukan, berupa akta nikah dan surat ahli waris yang dibuat para tersangka.

Kasus tersebut berawal dari laporan anak kandung almarhum Basri, yang merasa ayahnya tidak pernah menikah dengan J.

Dari penyelidikan, diketahui tersangka J memerlukan dokumen pernikahan sebagai bukti menjadi ahli waris almarhum Basri.

“Dengan dokumen palsu itu, J memiliki bukti sebagai istri dan berhak mendapat bagian waris berupa tanah di Bintaro itu,” kata Yusri, didampingi Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Gafur Siregar.

Dijelaskan, tersangka MHH mengeluarkan dokumen pernikahan palsu, yang dikeluarkan pada 11 Februari 2017.

“MHH ini mengaku sebagai pendeta di salah satu gereja Kristen Protestan di Cisarua, Bogor,” tutur Yusri.

Tersangka ABB ini membantu tersangka J dalam rangka memiliki legalitas perkawinan.

“ABB juga yang membantu mengedit foto fotonya semua yang dipergunakan sebagai bukti perkawinan di sidang penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Menurut pengakuannya, ABB mengerjakan dokumen tersebut di daerah Benhil,” ujarnya.

Selanjutnya polisi mengamankan ketiga tersangka sejak Desember 2019. “Pemberkasan telah selesai dan ketiga tersangka beserta barang buktinya akan segera diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum agar bisa diadili di pengadilan,” tambah Yusri.

Kepada ketiga tersangka dikenakan Pasal 263 KUHP kemudian pasal 266 KUHP dan 242 KUHP dengan ancaman pidana penjara di atas 5 tahun. fry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *