Grup Salim Resmi Pegang Saham Pengendali Bank Ina

Sekretaris Bank Ina, Ria Sari Sidabutar.
banner 468x60

Jakarta – Penerus konglomerasi bisnis Grup Salim, Anthoni Salim yang juga Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk, resmi menjadi ultimate shareholder atau pemegang saham pengendali terakhir (PSPT) PT Bank Ina Perdana Tbk bersama pemilik Bali United, Pieter Tanuri.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Bank Ina, Ria Sari Sidabutar kepada topikonline
co.id, Rabu, (15/1).

Dijelaskan Ria, informasi fakta material Bank Ina sekarang ini adalah sudah resmi terjadi perubahan struktur kepemilikan saham Bank Ina, di mana perusahaan Grup Salim, PT Indolife Pensiontama menjadi pemegang saham pengendali.

Sebelumnya, pemegang saham pengendali cuma dipegang oleh PT Philadel Terra Lestari milik Pieter.

Ultimate shareholder Bank Ina sekarang jadi dua yakni Anthoni Salim dan Pieter Tanuri,” kata Ria.

Dilanjutkannya lagi, pasca-masuknya Grup Salim ke Bank Ina sekarang ini manajemen juga sudah melakukan simulasi terkait penambahan modal tersebut. Skenarionya, kemungkinan dari penerbitan saham baru (rights issue) dan injeksi dari pemegang saham eksisting langsung.

“Kemungkinannya bisa kombinasi, dari capital market dan pemegang saham. Atau seluruhnya dari pemegang saham,” jelas Ria.

Selain itu, tambahnya, Bank Ina sekarang juga tengah mengajukan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi bank devisa.

Berdasarkan peraturan OJK, untuk menjadi bank devisa, dalam tiga tahun berturut-turut harus punya good corporate governance (GCG) yang baik.

“Untuk menjadi bank devisa, kalau kita sudah ajukan sekarang. Mungkin tahun depanlah bisa diwujudkan,” Ria menjelaskan.

Untuk meningkatkan kinerja pendapatan dari Bank Ina, Ria menyambung, manajemen akan memanfaatkan jaringan bisnis Grup Salim. Salah satu bisnis model yang sedang dikembangkan Bank Ina melalui platform digital.

Layanan perbankan digital tersebut akan digunakan untuk menyalurkan kredit konsumsi, payroll, pendanaan mikro, dan transaksi.

“Dengan digital platform yang sedang kita siapkan ini, kita mengharapkan nanti akan menjadi bank dengan transaction payment-nya kuat. Kita akan mendapatkan fee base-nya,” dia menandaskan. berman

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *