Momen 4 Tahunan, Bunga Bangkai Mekar Di Kebun Raya Bogor Hari Ini

Bogor – Bunga bangkai setinggi 1,94 meter mekar hari ini di Kebun Raya Bogor. Bunga langka Jenis Amorphophallus Titanum tersebut termonitor mekar sempurna sejak kemarin jam 18.00 WIB (3/1).

Diperkirakan bunga bangkai tersebut masih akan mekar sampai hari minggu besok, dan kemungkinan di hari Senin sudah akan gugur kembali. Bunga bangkai membutuhkan waktu hingga empat tahun untuk berbunga kembali.

Wakapolresta Bogor Kota AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban, yang ikut menyaksikan mekarnya bunga bangkai di Kebun Raya Bogor mengatakan kalau momen ini sangat penting, dan mengharapkan bisa menarik banyak wisatawan.

“Mekarnya bunga bangkai merupakan momen penting karena akan terjadi lagi sekitar 4 tahun kedepan. Momen ini saya harapkan dapat menarik banyak wisatawan yang datang ke Bogor apalagi saat ini bersamaan dengan hari libur anak sekolah. saya berharap anak-anak bisa berwisata sekaligus mendapatkan edukasi tentang bunga langka yang hanya ada di Indonesia tersebut,” ujar Arsal.

Sementara Peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) DR Dian Latifah menyampaikan, bunga bangkai yang mekar hari ini adalah jenis tumbuhan amorphophallus titanum, berbeda dengan Rafflesia yang juga dikenal sebagai bunga bangkai.

Dikatakan Dian, Rafflesia merupakan tumbuhan parasit dengan pohon inang tetrastigma spp atau anggur hutan, sedangkan amorphophallus titanum memiliki fase daun dan fase bunga yang tidak bersamaan.

Fase daun, ucap dia, bisa mencapai satu sampai dua tahun. Setelah itu umbi akan memasuki masa istirahat atau dorman. Bisa lebih dari satu setengah tahun, kemudian berbunga. Tinggi spadiks bisa mencapai tiga meter.

“Amorphophallus titanum dijuluki juga bunga raksasa,” ucap Dian, peneliti bunga Bangkai di Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya.

Menurutnya, masyarakat banyak mengenal bunga bangkai dengan sebutan Bunga Rafflesia, padahal selain bunga Rafflesia ada jenis lain yaitu salah satunya yang mekar hari ini dari jenis amorphophallus titanum.

Perbedaan kedua jenis bunga bangkai tersebut yaitu Bunga Rafflesia Patma merupakan tanaman parasit yang butuh pohon inang agar bisa hidup, Rafflesia patma tanaman parasit dan bukan jenis Amorphophallus.

Sementara Amorphophallus atau bunga bangkai adalah tanaman utuh yang bisa mencari makan sendiri tanpa tanaman inang. Ia pun memiliki umbi, batang, dan akar sendiri. Perbedaan lain terletak pada bentuk kedua bunga bangkai itu sendiri.

Rafflesia berupa bunga raksasa yang pendek dan melebar ke samping, sementara Amorphophallus tumbuh menjulang. Rafflesia memiliki tonggol, lubang besar di tengah dan kelopaknya yang indah berwarna merah bata, sedangkan Amorphophallus mengeluarkan bau busuk yang muncul pada saat bunga mekar.

Bau busuk ini untuk menarik perhatian bagi serangga. Kehadiran serangga ini dapat membantu penyerbukan tumbuhan langka tersebut. Bau bunga bangkai akan tercium mengikuti arah mata angin. fry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *