Dukung Ekspor Industri Rumahan, Ketua MPR Terima Pengurus Kadin

Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil Bamsoet mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh pengurus Kadin Paradigma Baru yang telah melakukan pembinaan kepada pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil Menengah) di sejumlah daerah.

“Sebagai organisasi pengusaha yang berkonsentrasi memberdayakan pengusaha kecil menengah di daerah, Kadin perlu juga menggenjot peluang ekspor produksi pengusaha kecil kita
yang berbasis home industri, seperti hasil bumi, buah2an, hasil kerajinan, makanan, minuman dan furniture,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Muat Lebih

banner 300250

Menurutnya, untuk negara sebesar Indonesia lebih banyak organisasi yang turun tangan mendukung akan lebih baik.

“Malah tidak cukup jika hanya dua Kadin. Kalau perlu biar sampai sepuluh Kadin juga nggak apa apa. Yang penting semuanya bersaing secara fair berlomba – lomba mensejahterakan rakat Indonesia,” katanya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Hal itu disampaikannya ketika menerima kedatangan pengurus Kadin Indonesia beraudiensi di kantornya di gedung MPR RI Senayan, Jakarta Pusat, Kamis siang (19/12/2019). Rombongan Kadin Indonesia yang berjumlah kurang lebih 20 orang itu dipimpin oleh Ketua Umum Eddy Ganefo didampingi Wakil Ketua Umum Zainal Bintang  serta pengurus lainnya.

Pada kesempatan itu Eddy Ganefo melaporkan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan oleh Kadin yang dipimpinnya sejak 2015 yang lalu.Terutama kegiatan yang lebih dititikberatkan kepada pemberdayaan pengusaha UMKM di daerah yang merupakan sasaran pemberdayaan.

Dikatakan oleh Ganefo pilihan untuk mengangkat peran pegusaha kecil menengah di daerah karena disadarai potensi mereka sangat kuat dan mampu bertahan hidup sendiri meskipun selang beberapa waktu jarang mendapat perhatian.

Sementara Zainal Bintang menyampaikan, konsentrasi Kadin ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada pengusaha kecil menengah, terutama di daerah, agar lambat laun mereka dapat naik kelas dan mampu menjadi tulang punggung ketahanan ekonomi Indonesia.

Zainal Bintang yang wartawan senior itu pernah menjabat pelaksana tugas Ketua Umum Kadin menggantikan Rizal Ramli yang diangkat menjadi Menteri Maritim dan Sumber Daya oleh presiden Jokowi pada tahun 2016.

Sebagaimana diketahui keberadaan pengusaha kecil menengah yang tumbuh hadir hampir di seluruh Indonesia ternyata mampu bertahan dan menopang ekonomi Indonesia yang hampir tumbang karena dampak dari resesi.

Hal itu dibuktikan ketika terjadi krisis di tahun 1997/1998 dan tahun 2008. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu bertahan
dalam badai krisis ekonomi global.

Berdasarkan buku yang disusun oleh Bank Indonesia (BI) bersama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) berjudul Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), jenis usaha ini tidak terlalu terpapar kerisis ekonomi dunia karena mayoritas tidak menggunakan modal besar serta pinjaman luar negeri.

UMKM merupakan jenis usaha yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga berperan besar dalam menyerap tenaga kerja serta membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga rakyat maupun daerah. Apalagi bahan baku produksi UMKM umumnya diambil dari dalam negeri, sehingga dapat menghemat devisa. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *