Polda Metro Luncurkan Layanan Multi Inovasi Kekinian

Semanggi – Polda Metro Jaya mempersembahkan multi inovasi dalam mendukung arah kebijakan Kapolri dalam Penguatan Promoter dengan prioritas pada peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/12/2019).

Adapun multi inovasi yang di launching yaitu, E-TLE Development Program, E Drives, Aplikasi Satpam Mantap dan Aplikasi Help Renakta.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Untuk  aplikasi Satpam Mantap dan HELP Renakta, dapat diunduh dari playstore,” jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Gatot mengungkapkan, sebanyak 12 kamera CCTV telah ditempatkan di kawasan Sudirman-Thamrin.

“Atas apresiasi pemerintah provinsi DKI Jakarta, akan ditambahkan 57 kamera E-TLE yang terpasang dibeberapa ruas jalan di Jakarta menuju Smart City,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya.

Gatot menyebutkan, melalui sistem E-TLE, denda tilang yang diserahkan kepada negara sebesar Rp. 3.961.450.000.

“Bahkan, dalam catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, tilang elektronik ini telah mampu menurunkan jumlah pelanggar hingga 27 persen,” ungkapnya, didepan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam E-TLE Development Program itu akan diterapkan E-TLE di jalur Busway, di jalan tol, sementara untuk Polantas yang bertugas juga akan dilengkapi dengan Bodycam.

“Bodycam merupakan camera portable yang menempel langsung ditubuh petugas lalu lintas dilapangan yang dilengkapi dengan fitur GPS, 2 way talk dan panic button,” kata Gatot.

Selain Bodycamp, E-TLE Development Program juga dilengkapi dengan E-TLE Portable, ditempatkan di wilayah trouble spot dan black spot yang akan mempersempit ruang pelanggaran lalu lintas.

Sementara E-Drives atau Electronic Driving Test System atau sistem uji praktek SIM dalam proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C.

“Melalui E-DRIVES penilaian ujian praktik SIM yang selama ini dilaksanakan secara konvensional berubah menjadi sistem elektronik,” ungkap Gatot.

Teknologi yang digunakan pada E-Drives, yaitu Radio Frequency Identification (RFID), Passive Infrared, Vibration Sensor, Ultra Sonic.

Selain inovasi tersebut, di launching juga aplikasi Satpam Mantap, yaitu pemolisian masyarakat.

“Polda Metro Jaya menggandeng Satpam dalam upaya pemolisiannya karena Satpam langsung bersentuham dengan masyarakat, untuk melakukan pencegahan dan deteksi dini kejahatan,” ungkap Gatot.

Selanjutnya Polda Metro Jaya juga meluncurkan aplikasi Help Renakta, untuk melindungi perempuan dan anak dari tindak kejahatan.

Menurut Gatot, aplikasi tersebut, dapat diunduh dari playstore.

Pada kesempatan tersebut Polda Metro Jaya menghadirkan pelayanan prima kepolisian terpadu dengan membamgun SPKT Prototype yang modern dan bertaraf internasional.

Selain itu, juga akan dibangun Polres Metro Tangerang Kota dan Polres Metro Bekasi Kota dengan membangun Polres kelas dunia dengan fasilitas modern. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *