Para Babinsa Ikuti Diklat Ideologi Pancasila Terpusat Di Medan

banner 468x60

Medan – Profesionalisme peran Babinsa (Bintara pembina desa) dalam pembinaan teritorial di wilayahnya masing-masing diperkuat dengan mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) mental ideologi Pancasila terpusat, di Ballroom Hotel Four Points, Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/11/2019).

Pada Diklat tersebut, Kodim 0505/Jakarta Timur mengirimkan 1 (satu) orang Babinsa terbaiknya, Pelda Doni Hermawan yang didampingi perwakilan tiap-tiap Kodim jajaran Korem 051/Wijayakarta diantaranya Peltu NP Simbolon , Pelda Syamsul, Pelda Sutarto, Serma M. Abdul Munir, Sertu S. Saragih dan Serda Darlis Sinaga, yang dikirim untuk mengikuti Diklat dalam meningkatkan Profesionalisme Babinsa.

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Selasa, 5 November 2019 bertempat di Hotel Ballroom Four Points Medan Sumatera Utara ini dan diawali dengan Sambutan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI MS. Fadillah yang menyampaikan wawasan tentang Mental Ideologi Prajurit Teritorial sebagai garda terdepan pasukan TNI AD yang diharapkan mampu memberikan yang terbaik pada pembinaan teritorial diwilayahnya masing-masing dengan 5 (lima) kemampuan teritorialnya.

Sementara itu Waaster KASAD Brigjen TNI Gathut Setiyo Utomo, menyampaikan tujuan pelaksanaan Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila serta Wawasan Kebangsaan adalah untuk meningkatkan pemahaman, peningkatan dalam melaksanakan tugas Komando kewilayahannya, menciptakan Babinsa yang mempunyai bekal dasar pemahaman Ideologi Pancasila, Wawasan Nusantara dalam setiap pelaksanaan tugas selalu mengedepankan salam Teritorial kepada Warga masyarakat binaannya.

Sementara sasaran yang hendak dihasilkan adalah Babinsa yang berkarakter dan berintegritas serta mempunyai kemampuan berpikir, merumuskan dan melaksanakan tugas Teritorialnya.

Diklat Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dilaksanakan mulai tanggal 4 November s.d. 8 November 2019 selama 5 (lima) hari kerja, yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah keseluruhan 92 (sembilan puluh dua) orang Babinsa dari tiap-tiap Kodim se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala BPIP Prof Dr. Hariyono, M.Pd menekankan bahwa pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Lebih jauh Hariyono menjelaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mempunyai keterikatan jiwa yang kuat dalam rangkaian bernegara tersebut berawal disaat  Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai tujuan utk mengaplikasikan Nilai nilai Pancasila kepada Masyarakat dan Generasi penerus yang ada di berbagai daerah, oleh karena itu, diperlukan kemampuan seorang Babinsa yang berwawasan dan berpengetahuan tentang ideologi Pancasila dengan Melalui Diklat Ideologi Pancasila yang diselenggarakan oleh BPIP dengan Tema “Sinergitas BPID dengan Mabesad”.

“Peran aktif Babinsa dalam melaksanakan pembinaan teritorial di daerahnya masing-masing selalalu mengedepankan Nilai nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan,” pungkasnya. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *