Malam Amal Untuk Korban Gempa Maluku Akan Digelar Aliansi Warga Jakarta Sebagai Kepedulian Sesama Anak Bangsa

banner 468x60

Jakarta, Topikonline – Lamanya rangkaian gempa susulan Maluku yang tercatat di BMKG hingga mencapai lebih dari 1100 kali gempa susulan dan 122 diantaranya dapat dirasakan warga sementara gempa utamanya sendiri berkekuatan 6,8 Magnitudo. Lamanya rangkaian gempa yang terjadi tanpa henti ini membuat masyarakat semakin banyak yang tinggal di pengungsian baik yang di siapkan oleh pemerintah ataupun lembaga lainnya termasuk yang dirikan hasil dari swadaya masyarakat.  Sementara melansir data yang dikeluarkan oleh BNPB, total kerusakan rumah hingga akhir Oktober kemarin sebanyak lebih dari 12 ribu unit rumah yang terdampak sementara gempa susulan masih terasa hinggal awal November ini.

Sebagai bentuk kepedulian anak bangsa terhadap gempa Maluku, Aliansi Warga Jakarta yang di ketuai Cary Greant, SKM., berinisiatif menggelar kegiatan Malam Amal Gempa Ambon (MAGA) pada hari Jumat, 15 Nopember 2019 di Gedung GBI Sungai Yordan, Ruko ITC Roxy Mas, Cideng, Jakarta Pusat.

Menurut Cary, proses pengumpulan dan penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan secara transparansi, akuntabel dan yan penting tepat sasaran. Selain itu para penyumbang juga akan mendapatkan laporan berapa dana yang disalurkan.

“Proses penyaluran dana bantuan tersebut kami pastikan dilaksanakan sesuai prinsip tranparansi, akuntabilitas dan tepat sasaran. Semua pihak penyumbang berhak mendapatkan bukti otentik dokumentasi dan atau laporan pertanggungan-jawab kegiatan ini secara detail sesuai standar pencatatan dan pelaporan keuangan,” kata Cary.

Sementara itu penanggungjawab acara, Andreas Benaya mengatakan, pemerintah baik pusat maupun daerah sebenarnya sudah menyalurkan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh warga namun karena tidak atau belum masuk dalam skala nasional maka penangannya masih dirasakan kurang oleh warga. Padahal gempa utama skalanya 6,8 dan gempa susulannya masih dirasakan hingga lebih dari satu bulan lamanya tentu membutuhkan bantuan yang lebih lagi.

“Bantuan dari pihak berbagai pihak terkait sebenarnya sudah ada sejak gempa utama tanggal 26 September lalu namun lamanya durasi gempa susulan yang dirasakan warga hingga lebih dari satu bulan tentu memerlukan penanganan lebih instensif lagi. Untuk itu kami sekelompok masyarakat dari Aliansi Warga Jakarta (AWJ) berusaha mengetuk hati saudara sebangsa ikut dalam kegiatan Malam Amal gempa Ambon (MAGA) untuk menggalang dana bantuan tunai dengan target minimal Rp 1 Milyar yang akan langsung disalurkan bagi masyarakat korban bencana alam tersebut,” ujar Andreas.

Sementara itu ditempat yang sama, penanggungjawab kegiatan lainnya Yohanes Hiba Ndale mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin mengetuk hati saudara sebangsa dan setanah untuk ikut meringankan apa yang dirasakan oleh warga Maluku.

“Marilah kita bersama-sama meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa yang berkepanjangan,” harap Yohanes.

Untuk mencapai target satu milyar rupiah panitia membuka rekening khusus yaitu; BRI KC. Jakarta Pasar Minggu nomer rekening: 033901111428502 atas nama Cary Greant dan Ine Sri Rahayu selaku Ketua dan Bendahara Panitia. Sedangkan  kontribusi tamu/undangan dengan target: 1000 orang yaitu: VIP 100 Undangan @Rp. 5.000.000., Gold 200 Undangan @Rp. 2.000.000., dan Silver 700 Undangan @Rp. 200.000. [Adang]

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *