Yayasan Kartika Jaya Kodim Jakpus Adakan Workshop Kesehatan Reproduksi Pada Pelajar SMP Kartika

banner 468x60

Jakarta – Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0501/Jakarta Pusat BS Vika Wahyu Yudhayana bersama Lembaga Konsultan Psikologi Universitas Indonesia Ruang Tumbuh menyelenggarakan Workshop Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi, di SMP Kartika X-1 Jatinegara, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut untuk memberikan pembekalan pengetahuan yang benar terhadap seksualitas dan kesehatan reproduksi kepada pelajar.

“Kami sadar akan pentingnya pengetahuan yang benar tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi anak didik kami sehingga sebagai aksi nyata kami selenggarakan sebuah workshop dimana pengetahuan ini dapat secara maksimal di serap oleh anak didik dengan penjelasan materi, pemutaran video, konseling, sharing, permainan individu dan kelompok serta diskusi kelompok,” urai Vika.

Ditangan para fasilitator psikologis para pelajar dibagi dalam beberapa kelompok sesuai gender, terpisah edukasi antara putra dan putri. Kegiatan workshop melibatkan interaksi 2 arah sehingga para siswa sangat antusias dalam mengikuti semua sesi yang diberikan.

Materi yang diberikan, mengenal pubertas dan perubahan – perubahannya dari segi fisik dan psikologis, organ reproduksi remaja, mimpi basah dan menstruasi, menjaga kebersihan diri/ kesehatan reproduksi, mengenal masalah yang muncul pada fase remaja, batasan personal yaitu mengenal 3 sentuhan dan pelecehan seksual serta resiko kehamilan dini dan penyakit menular sexual.

“Saat ini remaja memiliki akses yang mudah dalam menjangkau pornografi melalui gawai sedangkan banyak dari mereka yang masih minim pengetahuan tentang perkembangan seksualitas yang tepat, mengingat penyimpangan dan kejahatan seksual yang kerap terjadi dikalangan remaja menyadarkan kita pentingnya mempersiapkan anak remaja untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang benar, seksualitas dan kesehatan reproduksi bukanlah hal yang tabu untuk didiskusikan, tentu saja dengan para praktisi yang berkompeten,” jelas Vika Wahyu Yudhayana yang merupakan istri Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Kolonel Inf Wahyu Yudhayana.

Workshop ini memiliki tujuan yang positif, membimbing generasi muda untuk peduli terhadap kesehatan mental dan fisik mereka. Seluruh hasil questioner, cerita dan pendapat peserta workshop akan diresume oleh tim psikolog untuk diserahkan kepada pengurus Yayasan dan Sekolah sebagai bahan evaluasi.

Hasil evaluasi nantinya akan disampaikan pada sesi parenting bersama orang tua murid dan para pengajar di SMP Kartika X-1. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *