Mantan Ajudan Presiden Jokowi Calon Kuat Kabareskrim

banner 468x60

Jakarta – Nama Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo mencuat sebagai calon Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang sudah dilantik menjadi Kapolri dan kini menyandang pangkat jenderal bintang empat.

Idham Azis yang dilantik Presiden Jokowi, Jumat (1/11) pagi sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian yang ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri.

Muat Lebih

banner 300250

Berdasarkan informasi yang beredar, nama Listyo mencuat sebagai kandidat kuat Kabareskrim. Saat ini Listyo menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Satu-satunya kandidat kuat yang akan menyaingi Listyo adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Listyo lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Pada 2014 dia didapuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi.

Sekitar dua tahun kemudian dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat brigadir jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Mabes Polri.

Tak lama, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolri (Skep) Nomor 81/ 2014 A/III/KEP./2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu dia menduduki posisi Wakil Kapoltabes Kota Semarang lalu Kapolres Solo.

Adapun pada 2012, pada saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta dengan pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Sebelum menjabat Ajudan Presiden Jokowi, pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara.

Dia lulusan S-2 dari Universitas Indonesia. Tesis yang dipilih Listyo Sigit Prabowo adalah tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo, Jakarta. rio

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *