Pangdam Jaya Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

banner 468x60

Jakarta – Kodam Jaya menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang dipimpin oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Senin (28/10/2019). Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan penghormatan jasa para pahlawan bangsa.

Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Muat Lebih

banner 300250

Nilai-nilai luhur yang diikrarkan para pemuda Indonesia pada peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah nilai-nilai kebangsaan dan sumpah setia, ”satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia”, serta semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Pada upacara tersebut juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong Java, Yong Sumatera, Pemuda Indonesia, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pada kesempatan itu Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda Olah Raga Bapak Zainudin Amali bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *