Unhan Gelar Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2019 Untuk Bangkitkan Kesadaran Bela Negara Generasi Muda

Para pemenang Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2019 berphoto bersama dengan dewan juri usai pengumuman pemenang di Auditorium Unhan, Kampus Bela Negara Kawasan IPSC Sentul Bogor (12/09/2019). Photo: TOPIK/Adang
banner 468x60

Bogor, topikonline.co.id – Rektor Universitas Pertahanan Letnan Jenderal TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.AP., secara resmi menutup lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) TA.2019 dengan tema “Bela Negara sebagai Pemersatu Bangsa di Era Teknologi 4.0”, untuk pelajar tingkat SMA dan SMK maupun yang sederajat, untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok (Wilayah I dan II) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai 11 s.d 12 September 2019, bertempat di Gd. Auditorium Kampus Bela Negara Unhan, Komplek IPSC Sentul (12/9/2019).
Rektor Unhan Letjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.AP., dalam amanatnya menjelaskan perkembangan lingkungan strategis khususnya dibidang ilmu pengetahuan teknologi IT yang cepat, menuntut bangsa Indonesia untuk senantiasa waspada dan mempersiapkan diri dalam menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi dimasa yang akan datang, khususnya terhadap hal-hal yang dapat mengancam generasi muda serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu landasan utama dalam menjaga kedaulatan negara diantaranya pendidikan, sedangkan teknologi merupakan sarana untuk mempermudah mendapatkan informasi dalam mendukung pendidikan, dengan adanya lomba ini, diharapakan generasi muda akan dapat memanfaatkan teknologi untuk kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, lingkungan sekolah serta lingkungan keluarga dan masyarakat.

Selain itu ditegaskan juga oleh Rektor Unhan, generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus dibekali kemampuan dan pemahaman pentingnya Karakter Bangsa dan Bela Negara sehingga pada saatnya nanti akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang handal yang dapat membawa bangsa dan negara Indonesia menuju yang lebih maju dan lebih bermartabat serta mampu bersaing di kancah Internasional.
Kegiatan Lomba PCTA TA.2019 ini merupakan kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhan dengan BP3 Wilayah I Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dalam rangka mewujudkan pembinaan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), yang berkelanjutan, untuk pembentuk sikap dan perilaku Bela Negara bangsa Indonesia, menanamkan rasa cinta tanah air sebagai salah satu nilai dasar Bela Negara, harus dimiliki oleh generasi penerus pembangunan nasional sebagai sumberdaya manusia potensial yang disiapkan secara dini untuk kepentingan penyelenggaraan sistem pertahanan semesta

Sementara itu, Sekretaris LPPM Unhan Brigjend TNI Dr. Joni Widjayanto mengungkapkan tujuan dan maksud dari kegiatan ini agar generasi muda ini kedepannya lebih meningkatkan bela negara dalam rangka mengisi kemerdekaan RI.

“Hal itu dibuktikan dengan digelarnya Parade Cinta Tanah Air dalam perlombaan itu. Itu salah satu alternatif untuk para generasi muda,” imbuhnya.
Materi lomba PCTA 2019 ini meliputi Kegiatan ini berbentuk debat dan kreativitas karya inovatif video klip edukasi Bela Negara, dalam Lomba Debat Bela Negara. Menggunakan Sistem debat parlemenasia sistem gugur, masing-masing tim terdiri dari 3 orang (1st, 2nd dan 3rd speaker). Setiap babak ada 2 (dua) tim yang bertanding, dan dinilai oleh tim adjudicators (juri). Pemenang diambil berdasarkan pengumpulan score terbanyak dan menggunakan sistim gugur.
Sedangkan untuk Lomba Video Klip Bela Negara. Berdurasi 3-5 menit menggunakan sistem seleksi nilai tertinggi, masing-masing sekolah peserta terdiri dari perorangan atau tim/kelompok mengirimkan maksimal 2 (dua) Video. Unsur penilaian meliputi unsur naratif (kesesuaian akan tema, judul dan isi video klip), unsur sinematik (penataan kamera, suara, akting, setting, editing) unsur komunikatif (persuasif, inspiratif, daya pikat) dan orisinalitas (aransemen musik, shot,stillpicture).

Lomba PCTA 2019 ini diikuti 54 SMA dan SMK maupun yang sederajat di wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok (Wilayah I dan II) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, untuk pemenang lomba juara I, II, dan III peserta lomba Video klip akan diikutsertakan dalam kompetisi film pendek pada lomba PCTA di Kementerian Pertahanan RI.
Dari Hasil penilaian Tim Juri Lomba PCTA 2019 ini untuk kriteria lomba Debat Juara I diraih oleh SMAN 3 Bogor, Juara II SMAN I Parung Juara III,SMAN 5 Bogor, untuk Juara Harapan Lomba Debat Bela Negara, Juara Harapan I diarih Oleh SMAN 4 Depok, Juara Harapan II SMAN I Rumpin, Juara Harapan III SMAN 2 Bogor dan untuk kriteria lomba videoklip Bela Negara Juara I diraih oleh SMAN 2 Cibinong, Juara II SMAN 6 Kota Bogor, Juara III,SMAN I Dramaga, Sementara Juara Harapan I diraih SMAN I Sukaraja, Juara Harapan II SMAN 3 Bogor, dan Juara Harapan III SMAN 10 Depok.
“Diharapkan kedepannya penyelenggaraan lomba ini dapat lebih luas mencakup seluruh elemen masyarakat dan daerah di Indonesia,” pungkas Joni. [Adang]

 

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *