Kepada Mahasiswa Baru UTA 45, Dandim Jakut Bekali Wasbang Bela Negara 

banner 468x60

Jakarta – Dandim 0502/Jakarta Utara Kolonel Kav Tri Handaka memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Kepemimpinan Pemuda dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Ruang Aula UTA 45, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (30/8/2019).

Dihadapan 400 orang mahasiswa dan mahasiswi Dandim memaparkan materi tentang prinsip dasar Wasbang dan berbagai metode dalam mewujudkan seorang pemimpin di kalangan pemuda.

“Kita mengajak para mahasiswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan, Pancasila sebagai Ideologi sudah final dan harus dipertahankan,” ujar Dandim.

Para generasi muda bangsa ini, lanjutnya, harus memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, bukan hanya TNI, tetapi seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” urainya.

Dijelaskan, kita mempunyai 4 pilar konsensus dasar bangsa (PANCASILA, UUD 45, BHINNEKA TUNGGAL IKA dan NKRI), keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah teruji mulai dari pemberontakan PKI tahun 1948 di Madiun, tahun 1950-1959 Pergolakan dalam negeri seperti (DI/TII, RMS, PRRI, PERMESTA) dan tahun 1965 Gejolak G 30 S PKI.

Menurutnya, kita sedang menghadapi ancaman disintegrasi bangsa karena sifat egosentris yang tidak searusnya berkembang di masyarakat.

“Ingat Negara Republik Indonesia memiliki keragaman budaya dan suku, pluralisme adalah nafas kehidupan yang telah mendarah daging, jangan karena ego sektoral nafas kita terkoyak,” tegasnya.

“Membangun Jati Diri Pemuda Dalam Peradaban Bangsa Indonesia Berlandaskan Nilai – Nilai Pancasila dan Semangat Nasionalisme”, inilah slogan yang ingin saya tanamkan pada kesempatan ini,” ucapnya.

Diakhir sesi paparan, Dandim mengajak para mahasiswa dan mahasiswi untuk selalu berpikir positif, melakukan hal yang positif dan produktif, berpikir kritis namun tidak mudah terprovokasi.

“Mahasiswa adalah insan yang berpendidikan dan berintegritas jangan mudah terhasut dengan berita hoax dan perpecahan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua YPT.17 Agustus 1945, Rudyono Darsono, Wadir III bagian Kemahasiswaan, Bambang, Rektor UTA ’45, Virgo Simamora, Dirut 1 UTA’45, Rajesh Khana, dan Dekan Fisip, Firman.

Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti materi, terlihat beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan dan kemudian dijawab dengan jelas oleh Dandim. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *