KPK Sosialisasi Tindak Pidana Korupsi Pada Personel Bakamla

banner 468x60

Menteng – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sosialisasikan tindak pidana korupsi kepada personel Bakamla (Indonesian Coast Guard), di Aula Mabes Bakamla RI, Jalan Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., dan diikuti seluruh personel Bakamla RI yang berdinas di Jakarta.

Muat Lebih

banner 300250

“Ikuti kegiatan sosialisasi tindak pidana korupsi di lingkungan Bakamla RI ini dengan baik dan kita nol kan korupsi di Bakamla RI,” harapnya.

Sementara itu Kasatgas KPK Iskandar Marwanto, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa karakteristik tindak pidana korupsi melibatkan lebih dari satu orang, korupsi tidak hanya berlaku bagi ASN/penyelenggara negara tetapi dapat melibatkan swasta.

“Korupsi merupakan kejahatan terorganisir yang biasa dilakukan oleh orang yang mempunyai kedudukan mapan dan berpendidikan tinggi, pada umumnya memakai wewenang dan kekuasaan secara formal dan tersembunyi dengan dalih menurut hukum sehingga dilakukan secara rahasia,” tambahnya.

Dikatakan, korupsi dapat menyebabkan kemiskinan dengan terlebih dahulu mempengaruhi faktor-faktor pertumbuhan ekonomi seperti investasi berkurang, distorsi pasar, merusak kompetisi, inefisiensi, serta ketidakadilan dalam pendapatan. Ia juga mengatakan korupsi dapat menghilangkan kepercayaan publik kepada lembaga-lembaga pemerintah.

“Semua hukum tindak pidana korupsi terdapat dalam Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 yang diatur dalam pasal 2 ayat (1) 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 12A, 12B, 13, 15, 16, 21, 22, 23, 24,” jelasnya.

Usai pemaparan, dibuka sesi interaktif dengan melibatkan peserta sosialisasi tindak pidana korupsi di lingkungan Bakamla RI untuk melakukan tanya jawab kepada pemateri. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *