Diknas Kota Magelang Hadirkan Keluarga Dalam Pendidikan

banner 468x60

Magelang – Direktorat pembinaan pendidikan keluarga bekerjasama dengan dinas pendidikan dan kebudayaan kota Magelang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pendidikan keluarga, Sabtu (24/08/2019).

Dalam kegiatan bimtek yang di fasilitasi oleh Disdikbud Kota Magelang melalui dana bantuan dari Ditbindik Keluarga tersebut juga dihadiri Dirdik Keluarga Sukiman yang memberikan materi Kebijakan Ditbindik Keluarga dan dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Disdikbud Kota Magelang Agus Sujito selain itu acara juga di hadiri Kabid PGTK, Heriyono dan Kabid Dikdas Drs. Sahid.

Sebagai penanggung jawab kegiatan dalam laporannya Kabid Paud dan Dikmas Dra. Sulistyorini menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan keluarga kali ini diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari pengawas sekolah, Ketua Organisasi Mitra (IGTKI, HIMPAUDI, FORUM PKBM), Kepala Sekolah PAUD, SD dan SMP, Komite Sekolah jenjang SD dan SMP serta perwakilan dari orang tua murid SD dan SMP juga perwakilan dari Pengelola PKBM Se-Kota Magelang.

Kegiatan yang dilaksanakan dari 21 sampai dengan 24 Agustus 2019 di Hotel SR Prima Yogyakarta tersebut bertujuan untuk memberikan bimtek kepada para peserta untuk melaksanakan pendidikan keluarga yang meliputi Pembiasaan Baik, Pengasuhan Positif, Pemberian Pendampingan Awal bagi anak yang mengalami masalah, Pengasuhan anak dalam menghadapi revolusi industri 4.0, dan dengan melibatkan keluarga dalam pendidikan anak di lembaga pendidikan.

Fasilitator dari Pusat, Kristine menyampaikan bahwa pelibatan keluarga dalam pendidikan anak di Lembaga Pendidikan mengacu pada prinsip tri sentra pendidikan Ki Hajar Dewantara, yakni Keluarga, Masyarakat dan Sekolah.

“Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di Lembaga Pendidikan adalah salah satu upaya mensinergikan pendidikan di sekolah lembaga dengan keluarga, bentuk keterlibatan keluarga di lembaga pendidikan diantaranya adalah sebagai anggota atau pengurus paguyuban sekolah, mengikuti kegiatan kelas orang tua atau menjadi narasumbernya,” tambah Kristin.

Kegiatan bimtek pendidikan keluarga sangat bermanfaat. Salah satu program dari PKBM karena warga belajar yang heterogen dari semua usia dari usia sekolah sampai orang tua menuntut ilmu di PKBM paket A setara SD paket B setara SMP paket C setara SMU agar mereka siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga mereka saat lulus mempunyai karakter dan mempunyai jiwa nasionalesme, cinta budaya bangsa Indonesia.

Menurut Imam Baehaqi salah satu peserta menyampaikan, yang paling penting dari bimtek keluarga adalah menindaklanjuti dan merealisasikan materi-materi yang sudah disampaikan di dalam bimtek tersebut di sekolah masing-masing.

“Bekerjasama antara sekolah, komite sekolah dan paguyuban orang tua agar anak-anak lebih siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dengan tetap berpegang pada karakter dan budaya bangsa Indonesia,” terangnya.

Narasumber kegiatan bimtek penyelenggaraan pendidikan keluarga antara lain Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Plt Kepala Dinas Dikbud Kota Magelang, Fasilitator dari Pusat dan 3 orang fasilitator daerah yang telah mengikuti PCP Eny Maritaningsih, Aminah Purwanti, Rinto. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *