Tingkatkan Pelayanan, Ditintelkam PMJ Luncurkan Mobil SKCK Keliling

banner 468x60

Semanggi – Untuk lebih menjangkau masyarakat, Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya (PMJ) meluncurkan tiga unit Mobil Unit Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Keliling, di Mapolda Metro, Rabu (21/08/2019).

Ketiga mobil tersebut sementara akan melayani masyarakat untuk mengurus SKCK di wilayah Polres Metro Bekasi, Polres Tangerang Kota, dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Muat Lebih

banner 300250

Kapolda Metro Jaya lrjen Gatot Pramono mengatakan, peluncuran mobil SKCK keliling itu merupakan wujud pelayanan masyarakat. Masyarakat dapat Iangsung membuat SKCK tanpa harus mendatangi Polsek atau Polres.

Mobil Unit Pelayanan SKCK Keliling tersebut dilengkapi dengan aplikasi pelayanan berbasis teknologi. Mobil tersebut juga menjadi bank data informasi.

SKCK merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Polri mencakup informasi harga pangan, pendataan senjata api serta kegiatan masyarakat dan aksi unjuk rasa, sebagai pelengkap dalam kuliah dan lamaran pekerjaan.

“Penerbitan SKCK mengacu pada batasan dengan Peraturan kepala Kepolisian RI Nomer 18 Tahun 2014,” jelas Gatot, kepada wartawan, di Mapolda Metro, Rabu (21/08/2019).

“Persyaratannya dengan menunjukan dokumen asli atau dikirim secara online antara lain, fotokopi KTP, KK, Akta Lahir dan pasfoto 4×6 sebanyak 3 lembar,” jelasnya.

Untuk lokasi dan waktu mobil keliling, lanjutnya, akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media sosial Polres setempat.

Saat yang sama, Direktur Intel dan Keamanan (Intelkam) PMJ Kombes Pol Umar Effendi menyampaikan, sistem mobil SKCK keliling sama dengan sistem pelayanan SKCK di Polsek dan Polres yang berisi data catatan kriminal masyarakat.

“Mobil SKCK ini menggunakan web-base aplikasi, artinya mobil SKCK ini ada validasi data catatan kriminal, yang diinput dan dikeluarkan oleh Mabes Polri,” sambung Umar.

Menurutnya, SKCK ini sangat penting karena jika tidak memilikinya, pelamar tidak bisa bekerja atau belajar. “Maka itu kami selalu mengoptimalkan pelayanan ini,” pungkasnya. frynang

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *