Babinsa Geger Turun Ke Sawah Basmi Gulma

banner 468x60

Madiun – Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian, karena gulma dapat menurunkan hasil tanaman produksi.

Untuk mengentaskan gulma tersebut, disebut dengan “Penyiangan” yaitu suatu kegiatan mencabut gulma yang berada diantara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah.

Muat Lebih

banner 300250

Babinsa Koramil 0803/11 Geger, Kodim 0803/Madiun Sertu Slamet melakukan pendampingan penyiangan gulma di lahan Sugimin (57) Kelompok Tani Maju Sejahtera di Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Minggu (19/05/2019).

Sertu Slamet disela-sela kesibukannya saat ditemui mengatakan, kegiatan penyiangan ini bertujuan untuk membersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh diantara tanaman padi.

“Apabila gulma tidak dibersihkan dapat mengurangi penyerapan hara, sehingga anakan tanaman padi tidak bisa berkembang banyak, dan dapat menghambat produksi tanaman,” ujarnya.

Terpisah, Danramil 0803/11 Geger Kapten Inf Suryoto menyampaikan, kehadiran anggota TNI khususnya Babinsa dalam pendampingan pertanian adalah bagian dari mewujudkan program pangan nasional.

“Salah satu upaya khusus (Upsus) yang dilakukan Babinsa adalah dengan melaksanakan pendampingan kepada petani saat penyiangan tanaman padi. Penyiangan itu sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan kimiawi. Yang manual dengan kita cabut gulma, dan dengan cara kimiawi disemprot menggunakan obat-obatan,” tambah Danramil. ferry

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *