TMMD Jember Beri Pemahaman Sanitasi Berbasis Masyarakat

  • Whatsapp

Jember – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-104 Kodim 0824/Jember di Desa Gunungmalang, Sumberjambe, Kabupaten Jember tinggal 9 hari lagi.

Bidan Wiwik di dampingi Tim Kesehatan Kodim 0824/Jember Sertu Sugianto yang berada di Dsn. Krajan Ds. Sumberjambe Kec. Gunungmalang ini sangat semangat saat memberikan arahan kepada ibu-ibu.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Kegiatan Pemicuan merupakan salah satu bentuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui Puskesmas Gunungmalang untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di lokasi TMMD Jember.

Dengan kegiatan yang dilakukan pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat untuk mengubah perilaku atau masyarakat yang terkait dengan udara besar, sehingga pada akhirnya masyarakat tersadarkan akan menggunakan bantuan jamban sendiri.

Pembinaan yang dilakukan oleh nara sumber pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) sangat santai dan menyenangkan bagi ibu-ibu yang hadir, dimana para peserta diajak untuk mendapatkan materi yang disampaikan tentang perilaku hidup sehat, layaknya seperti sekolah taman kanak -kanak namun yang demikian membuat ibu-ibu yang hadir merasa senang dan riang.

Salah satu peserta dari Dusun Krajan, Lestari, dengan penuh kegembiraan mengikuti acara ini, kegiatan ini dibahas di halaman terbuka yaitu di depan rumah salah satu warga dan meningkatkan ruang gerak peserta serta nara sumber dapat leluasa.

Kemudian ditonton para peserta yang duduk membentuk lingkaran, sehingga semakin menciptakan diskusi yang menarik, nampak jelas dari raut muka peserta.

“Tujuan kegiatan pemicuan ini adalah untuk mengubah perilaku masyarakat dalam membuang air besar,” terang Bidan Wiwik. frynang

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *