Kemiri dan Cokelat Jadi Hasil Kebun Andalan Warga Paloloh

  • Whatsapp

SIGI-Selain pertanian, hasil kebun menjadi sumber pendapatan bagi sejumlah desa di Kecamatan Paloloh, kabupaten Sigi. Hasil kebun tersebut antara lain kemiri, cokelat serta buah-buahan. Tak hanya dijual ke Palu, hasil kebun warga ini dijual ke Kalimantan dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Tanah subur di wilayah Kecamatan Paloloh membuat tanaman bisa tumbuh dengan beraneka ragam. Masyarakat pun bisa menikmati hasilnya secara lumayan. Salah satu hasil kebun yang paling menonjol adalah kemiri. Tanaman yang tak mengenal musim tersebut bisa dijumpai di Desa Bakubakulu, Desa Sigimpu, Desa Bobo, Desa Kapiroe dan Desa Bunga.

Kebetulan desa-desa tersebut merupakan lokasi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 oleh Kodim 1306 Donggala. Pembangunan sarana fisik oleh TMMD, secara tidak langsung menguntungkan warga setempat karena lebih mempermudah akses transportasi maupun dalam memasarkan hasil kebunnya.

Eko,salah seorang warga Desa Bobo yang ditemui menuturkan kemiri merupakan salah satu tanaman andalan warga selama ini. Harganya pun cukup membantu dalam menambah pendapatan. Selain kemiri, kakao juga sebenarnya sangat lumayan harga jualnya. Namun Eko mengaku kebingungan mencari formulasi yang tepat untuk mengamankan tanaman tersebut dari hama yang merusaaknya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *