Program TMMD Membuka Jalan Gula Bagi Petani

  • Whatsapp

Donggala – Tanaman Aren banyak dibudidayakan warga Desa Bakubakulu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi . Selain mudah ditemui juga hampir di seluruh pelosok desa seperti di tegalan, kebun warga, pekarangan bahkan tumbuh liar di hutan.

Kecamatan Palolo, adalah daerah yang memiliki sejarah gula aren paling panjang. Kebun kebun yang ada di daerah tersebut sudah ditanam sejak zaman kolonialisme Belanda.

Lambat laun, penyebaran tanaman Aren semakin meluas hingga ke kawasan Taman Nasional Lore, Lindu, Kulawi, Pipikoro, Palolo, hingga kawasan lembah di wilayah Poso.

Tanaman Aren mampu mendongkrak ekonomi warga sekitar. Melalui infrastruktur berupa jalan tembus atau penghubung diyakini akan mampu menurunkan ongkos panen dan distribusinya.

Saat (56) petani Gula setempat menuturkan, hambatan terbesar dari petani selama ini yang dirasakan adalah tingginya biaya angkut yang lumayan jauh karena infrastruktur jalan tidak memadahi.

“Harapan kami semoga jalan yang sedang dibangun TNI melalui program TMMD reguler ke-104 Tahun 2019 mampu mengatasi persoalan petani selama ini,” cetusnya.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *