Kodim Ponorogo Terapi Trauma Bencana Luapan Sungai Paju

  • Whatsapp

Ponorogo – Penanggulangan dampak bencana luapan sungai Paju oleh satuan Kodim 0802/Ponorogo terlaksana secara terencana, terkoordinir dan bersinergi dengan semua komponen yang terlibat dalam mengatasi bencana alam (bencal) ini.

Setelah tanggap bencana terlaksana dengan baik, yang ditandai dengan minimnya kerugian yang dialami oleh masyarakat diakibatkan bencana alam ini, kegiatan penanggulangan bencal Kodim 0802/Ponorogo terus melanjutkan pemulihan lingkungan terdampak bencal ini.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sementara pemulihan pasca bencal secara fisik masih terus berlangsung, satuan Kodim 0802/Ponorogo melaksanakan pemulihan psikologi masyarakat terdampak bencana terutama bagi anak-anak, di Dusun Prayungan dan Dusun Krajan, Kelurahan Paju.

Kegiatan trauma healing tersebut dipimpin oleh Danramil 0802/01 Ponorogo Kapten Inf Basiron, 10 orang anggota Kodim 0802/Ponorogo, dengan mendatangi MIN 6 Ponorogo yang berlokasi di Dusun Krajan Kelurahan Paju, Senin (11/03/2019).

Memanfaatkan kendaraan sarana interaksi motor komunikasi sosial (Simokos) trauma healing bagi ratusan pelajar tingkat SD ini diawali dengan melaksanakan bernyanyi dan menari bersama dengan suka cita.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan permainan out bond yang cukup seru, sehingga anak-anak kembali dapat ceria setelah beberapa hari yang lalu berada di lokasi pengungsian. Keceriaan anak-anak ini pun akhirnya dipungkasi dengan yel-yel yang dipimpin oleh Sertu Vandy anggota Koramil 0802/01 Ponorogo.

Usai melaksanakan kegiatan di lapangan, terapi trauma healing ini dilanjutkan dengan penyediaan perpustakaan keliling Kodim 0802/Ponorogo yang menyediakan berbagai buku cerita dan ilmu pengetahuan.

Murid-murid MIN 6 Ponorogo pun terlihat asyik membaca buku di serambi masjid sekolah.

Disamping penyediaan buku-buku di perpustakaan keliling, tim terapi trauma healing Kodim 0802/Ponorogo menyediakan pangkas rambut gratis.

Hal ini bertujuan untuk membantu sekolah dan orang tua murid untuk menyiapkan pelajar MIN 6 Ponorogo agar siap melaksanakan kegiatan belajar kembali dengan rambut yang rapih.

Satuan Kodim 0802/Ponorogo menyadari, pihak sekolah dan orang tua murid beberapa hari terakhir ini sibuk melaksanakan pemulihan kondisi sekolah dan rumah masing-masing, sehingga belum sempat menyiapkan siswa-siswi sekolah ini untuk melanjutkan belajarnya.

“Satuan Kodim 0802/Ponorogo akan selalu bersama masyarakat, baik dalam suka maupun duka, termasuk diantaranya kegiatan terapi trauma healing kepada siswa-siswi MIN 6 Ponorogo,” ujar Kapten Inf Basiron.

Sementara itu, mewakili siswa-siswi MIN 6 Ponorogo, Siti Maghfirotul Mahsunah, menyampaikan terimakasih kepada personel Kodim 0802/Ponorogo.

“Rasa terima kasih kami kepada bapak-bapak anggota Kodim 0802/Ponorogo benar-benar tak terhingga,” ucapnya.

Menurutnya, TNI selalu ada dimanapun dibutuhkan. Saat kami bersedih karena buku-buku, pakaian dan perlengkapan sekolah kami terrendam banjir, bapak-bapak TNI ada disamping kami. Saat kami mengalami kebingungan untuk memulai belajar, bapak-bapak hadir untuk menghibur kami, mengajak kami bergembira sehingga kami bisa tertawa lepas, bahkan kerapihan kami agar siap untuk belajar pun bapak perhatikan.

“Tiada balasan yang dapat kami sampaikan selain rasa terima kasih yang sebesar-besarnya,” jelasnya.

Ia pun berjanji untuk selalu tekun dalam belajar, agar dapat menggapai cita-cita dan menyumbangkan ilmu yang diperoleh nanti.

“Kami berharap, bapak-bapak anggota Kodim 0802/Ponorogo sudi untuk terus membimbing kami,” pungkasnya. fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *